Xi Jinping Berharap Harga Vaksin Covid-19 Terjangkau Masyarakat Dunia

KalbarOnline.com – Presiden Tiongkok Xi Jinping menyampaikan harapannya kepada Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz, negara-negara anggota G-20 bisa memproduksi vaksin Covid-19 dan harganya bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat di dunia. Xi menyampaikan harapan dan keinginan itu ketika melakukan percakapan telepon dengan Raja Salman pada Rabu (9/9). Hal itu seperti diungkapkan Kementerian Luar Negeri Tiongkok pada Kamis (10/9).

Xi Jinping juga mengatakan pemerintahannya akan bekerja sama dengan Arab Saudi dalam penelitian dan pengembangan vaksin Covid-19. Xi menyebut hubungan diplomatik antara Tiongkok dengan Arab Saudi telah berlangsung selama 30 tahun.

  • Baca juga: Sindiran Keras Xi Jinping Terkait Sikap AS yang Kian Agresif

“Saat ini, kemitraan telah memasuki masa yang matang, namun masih memiliki kesempatan untuk maju lagi,” sebut Xi Jinping.

Baca Juga :  Indonesia Angkat Isu Ini saat Menlu Tiongkok Kunjungi Tanah Air

Tiongkok juga menyatakan kesediaannya untuk menyinergikan program pembangunan Prakarsa Sabuk Jalan (BRI) dengan Visi Arab Saudi 2030. Selama masa pandemi, kedua negara telah saling memberikan bantuan dan dukungan.

Tiongkok juga siap bekerja sama dengan anggota G-20, termasuk Arab Saudi yang kini mengemban tugas sebagai ketua, untuk meningkatkan bantuan kepada negara-negara berkembang, membangun ekonomi dunia secara terbuka, menjaga stabilitas industri global dan rantai pasokan, memfasilitasi keluar-masuk antarwarga kedua negara, memandu kerja sama ekonomi digital yang terbuka, adil, dan tidak diskriminatif, bunyi pernyataan tersebut.

Sementara itu, Raja Salman mengatakan bahwa hubungan bilateral dengan Tiongkok mengalami perkembangan yang pesat. Menurutnya pemerintahannya sangat perhatian terhadap kemitraan strategis komprehensif dengan Tiongkok dan berharap dapat memperkuat kerja sama bilateral dalam memerangi pandemi, terutama dalam bidang penelitian dan pengembangan vaksin.

Baca Juga :  Pilih dari Pfizer, Singapura Segera Vaksin Lansia Lewat Pesan Online 

Raja Salman juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bantuan Tiongkok dalam mengemban tugas sebagai Presiden G-20. Oleh sebab itu, dia berjanji akan menjaga komunikasi dan koordinasi yang erat dengan Tiongkok untuk mempromosikan solidaritas dan kerja sama di antara anggota G-20 dalam menghadapi pandemi agar pertumbuhan dan stabilitas ekonomi di dunia segera pulih.

Vaksin Covid-19 di Tiongkok sudah siap dipasarkan dengan harga 1.000 yuan atau sekitar Rp 2,3 juta per dua dosis.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment