Bupati Rupinus Hadiri Launching Internet Desa

Bupati Rupinus Hadiri Launching Internet Desa

KalbarOnline, Sekadau – Sehubungan dengan telah selesainya pembangunan Internet Desa, Bupati Sekadau, Rupinus menghadiri kegiatan launching internet Desa program Kampung Online untuk Desa-desa di Kecamatan Sekadau Hulu dan Kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau, di kantor kecamatan Sekadau Hulu, Rabu (9/9/2020).

Di tahun 2020 ini tercatat dari 15 desa yang ada di Sekadau Hulu, sudah terdapat 7 desa di kecamatan Sekadau Hulu dan 2 desa di kecamatan Nanga Taman yang di launching dan mendapat Web Desa yang akan terintegrasi Internet Desa. Web Desa bertujuan agar setiap Desa dapat mempromosikan potensi unggulan UMKM desa dan mendapat informasi dari sana.

Dalam sambutannya Bupati Rupinus mengungkapkan, program kampung online ini merupakan program untuk menuju desa mandiri.

“Dunia sudah semakin canggih, makanya kita adakan program ini, dan untuk menuju desa mandiri. Program kampung online ini juga di apresiasi oleh pak Gubernur,” kata Rupinus.

Baca Juga :  Buka Lomba Desa Tingkat Kabupaten Sekadau 2019, Wabup Aloysius : Motivasi dan Memacu Semangat Perangkat Desa

“Mari kita gunakan jaringan internet ini dengan bijak, jangan sampai salah penggunaaan, karna ada pematah mengatakan mulutmu adalah harimaumu, sekarang jarimu harimaumu,” tegas Rupinus mengakhiri sambutannya.

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo kabupaten Sekadau, Sabas mengatakan internet desa ini adalah salah satu indikator desa menjadi desa mandiri.

“Program internet desa ini menjadi salah satu indikator desa menuju desa mandiri,” kata Sabas.

“Tolong digunakan secara baik, untuk mengekspost potensi dan BUMDes desa masing masing dan jangan sekali kali mengunakan jaringan internet ini untuk Shire berita hoax, ini melanggar UU ITE,” tambah Sabas.

Camat Sekadau Hulu, Aloysius Ashari, mengatakan bemula dari perihatinnya terhadap desa di kecamatan Sekadau Hulu yang tidak mendapat jaringan sama sekali, contohnya desa Sunsong.

Baca Juga :  Wabup Subandrio Tinjau Persiapan Lokasi Tes PPPK Sekadau

“Bermula dari pengalaman kami, contoh di desa Sunsong, kemaren untuk mendata data BLT dan BST sangat susah, karena jaringan khusus nya di desa Sunsong sama sekali tidak ada jaringan internet,” kata Aloysius Ashari.

Kedepan Program Internet Desa akan terus diperluas dengan lebih banyak lagi desa yang dijangkau. Program tersebut juga sebagai wujud mendukung program pemerintah pusat dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM).

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan uji coba launching vidio conference bersama desa yang di launching.

Turut hadir dalam acara tersebut ketua DPRD kabupaten Sekadau Radius Effendy, anggota DPRD Sekadau Fraksi Hanura, Paulus Subarno, Asisten I, Kepala SKPD, Forkopimda kabupaten Sekadau, Forkopimcam, kepala Desa se-kecamatan Sekadau Hulu dan Nanga Taman, pastor paroki Rawak dan undangan. (tim)

Comment