Tips Menjaga Kesehatan Mata Penderita Diabetes

Diabetes berisiko terhadap masalah penglihatan seperti retinopati diabetik, glaukoma, dan katarak. Jika tidak diobati, kondisi tersebut dapat menyebabkan penderita diabetes mengalami gangguan penglihatan atau bahkan kebutaan. Jadi, penting untuk mengetahui tanda-tanda komplikasi seperti penglihatan yang tiba-tiba buram lebih dari dua hari atau nyeri di satu atau kedua mata.

Dengan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter, masalah mata yang timbul akibat diabetes bisa dihindari. Tidak sekadar melakukan pemeriksaan rutin, cara terbaik untuk mencegah masalah ini adalah dengan mengelola diabetes dan menghindari gula darah yang selalu tinggi. Kadar gula darah yang dibiarkan tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah rusak, termasuk pembuluh darah yang ada di mata.

Baca juga: Tanda-tanda Awal Diabetes Sudah Terlihat Sejak Usia 8 Tahun

Tips Menjaga Kesehatan Mata Penderita Diabetes

Ikuti tips ini agar Diabestfriend tidak memiliki masalah penglihatan walaupun hidup dengan diabetes.

1. Selalu Pantau Kadar Gula Darah

Kadar glukosa darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah halus di retina yang memengaruhi bentuk lensa mata dan menyebabkan penglihatan kabur, menurut American Diabetes Association. Tiga penyakit mata umum yang diderita penderita diabetes adalah retinopati diabetik, glaukoma, dan katarak. Mempertahankan kadar gula darah tetap normal bisa mencegah masalah ini.

2. Perbanyak Makan Ikan

Baca Juga :  Gedung Jantung Terpadu RSUD Soedarso Dibangun Tahun Ini, Saripawan: SDM-nya Disekolahkan ke RS Harapan Kita

Omega-3 yang dimiliki salmon, tuna, dan sarden telah dikaitkan dengan tingkat retinopati diabetik yang lebih rendah. Ilmuwan berpikir jika omega-3 yang terkandung dalam ikan dapat membantu menjaga terhadap peradangan dan pertumbuhan abnormal pembuluh darah di mata. Selain itu, omega-3 juga membantu menjaga kolesterol Kamu dan karenanya bagus untuk mata. Setidaknya, Kamu harus makan ikan dua kali seminggu.

4. Tidak Merokok

Merokok memiliki efek berbahaya pada sistem tubuh, tidak terkecuali mata. Walaupun belum terbukti meningkatkan risiko retinopati diabetik, merokok dapat memperburuk masalah kesehatan lainnya, termasuk penyakit pembuluh darah kecil.

Orang dengan diabetes memiliki peningkatan risiko terkena stroke dan serangan jantung. Dan, merokok dapat secara signifikan meningkatkan risiko tersebut. Penderita diabetes yang merokok berisiko terkena katarak dua kali lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Baca juga: Punya Diabetes Masih Merokok? Awas, Kombinasi Berbahaya!

5. Rutin Periksa Mata

Ya, Kamu harus rutin melakukan pemeriksaan mata komprehensif yang mencakup tes glaukoma, katarak, dan lainnya. Mungkin, Kamu bisa mempertimbangkan untuk memeriksa retina untuk membantu mendeteksi penyakit mata sejak dini dan memberikan catatan perubahan kesehatan mata setiap tahunnya. Dengan begitu, Kamu lebih mudah menemukan masalah kesehatan mata yang dimiliki.

Rutin memeriksakan mata memungkinkan Kamu memulai pengobatan sesegera mungkin jika muncul tanda-tanda. Apabila Kamu melihat ada perubahan dalam hal melihat, segera kunjungi dokter mata. Dengan begitu, Kamu bisa terhindar dari masalah serius seperti kebutaan.

Baca Juga :  Cara Menurunkan Risiko Penyakit Liver pada Penderita Diabetes

5. Lindungi Mata

Sinar ultraviolet dari matahari dapat merusak mata Kamu dan meningkatkan kemungkinan terkena masalah mata, termasuk katarak. Karena itu, lindungi mata Kamu dari sinar matahari dengan selalu menggunakan kacamata hitam. Gunakan kacamata hitam yang menghalangi setidaknya 99 persen UV-A dan UV-B.

6. Rutin Olahraga

Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kontrok glikemik, salah satu faktor yang berkontribusi dalam menentukan seberapa besar kemungkinan Kamu mengalami kerusakan mata terkait diabetes.

Setidaknya, lakukan olahraga tiga kali seminggu selama 60 menit. Apabila Kamu tidak terbiasa berolahraga, mulailah perlahan dengan berjalan kaki selama 20 hingga 30 menit setiap hari. Jika Kamu sudah memiliki masalah mata, hindari olahraga yang menimbulkan ketegangan pada pembuluh darah di mata seperti angkat beban.

Baca juga: Terlalu Lama di Depan Komputer Selama WFH, Lakukan 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Referensi:

Everyday Health. Protecting Your Eye Health When You Have Type 2 Diabetes

WebMD. How to Protect Your Eyes When You Have Diabetes

Medtronic. Eye Care Tips For People With Diabetes

Comment