Heboh Hasril Chaniago Ungkit Kakek Arteria Dahlan Pendiri PKI Sumatera Barat

KalbarOnline.com – Talkshow Indonesia Lawyers Club (ILC) TV One dengan topik ‘Sumbar Belum Pancasilais?, Selasa (8/9/2020) malam benar-benar greget. Salah satu wartawan senior yang hadir sebagai narasumber pada kesempatan itu, Hasril Chaniago berhasil mencuri perhatian dengan penjabarannya terkait sejarah di Sumatera Barat.

Diketahui, topik itu diangkat setelah adanya pernyataan Ketua DPR RI, Puan Maharani, menuding masyarakat Sumatera Barat belum Pancasilais. Pernyataan Puan itu sendiri akhirnya menimbulkan protes keras dari berbagai elemen masyarakat Sumbar. “Semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung Negara Pancasila,” kata Puan Maharani, saat itu.

Baca Juga :  MTQ Nasional di Padang Bakal Dibuka Jokowi Secara Virtual, Protokol Kesehatan Tetap Dijaga

Kembali ke talkshow ILC, Hasril Chaniago menceritakan soal sejarah ke-Pancasila-an Sumbar. Bagaimana Soekarno pada saat itu sangat disayang dan dielu-elukan oleh masyarakat Sumatera Barat. Namun kemudian dilawan karena berusaha memasukkan ideologi komunisme ke pemerintah yang dianggap menentang Pancasila. “Begitu sayangnya orang Minang pada Soekarno. Bukan melawan sebenarnya, tapi mengkoreksi Soekarno,” jelasnya.

“Kenapa pada akhirnya reaksi masyarakat Minang tidak menerima partai Soekarno, karena mereka marah itu (memasukkan ideologi komunisme, red),” tambahnya.

Hasril juga mengisahkan pemilu pada saat itu. Pun dengan perbedaan pilihan politik dalam satu keluarga. Saat mengisahkan sejarah ini, Hasril juga mengungkit kakek politisi PDIP, Arteria Dahlan.

Baca Juga :  Viral Tahanan Tewas Muka Dilakban, Polisi Tunggu Hasil Forensik Hendri

“Arteria Dahlan itu mamanya itu Bachtaruddin, nama kakeknya itu. Bachtaruddin itu pendiri PKI Sumatera Barat dan anggota konstituante setelah Pemilu 1955,” kata Hasril Chaniago saat menceritakan soal sejarah di Sumatera Barat.

Sontak pernyataan wartawan Minangkabau soal latar belakang keluarga Arteria itu bahkan membuat nama Arteria Dahlan menduduki trending topic Twitter per Selasa malam hingga Rabu pagi (9/9/2020). [ind]

Comment