9 Tips Merawat Kesehatan Rambut Selama Kehamilan

Kehamilan adalah masa transformasi dalam kehidupan seorang wanita. Selama hamil, seorang wanita akan mengalami berbagi perubahan hormonal dalam tubuhnya yang memengaruhi kondisi kulit dan juga rambutnya. Nah, berikut ini ada beberapa tips merawat kesehatan rambut selama kehamilan yang bisa Mums lakukan.

Apa yang Memengaruhi Terjadinya Perubahan Kondisi Rambut Selama Hamil?

Lonjakan hormon kehamilan adalah penyebab utama dari perubahan kondisi rambut calon ibu. Selama kehamilan, beberapa wanita mungkin memiliki rambut yang lebih tebal dan lebih berkilau, sementara beberapa wanita lain justru mengalami kondisi rambut rontok dan menipis.

Peningkatan hormon estrogen selama hamil lah yang diduga merangsang pertumbuhan rambut sehingga membuat rambut Mums tampak lebih tebal dan berkilau. Sayangnya, setelah melahirkan, kadar estrogen akan menurun, sehingga rambut yang semula berada dalam fase pertumbuhan beralih menuju fase istirahat. Akibatnya, jangan heran jika rambut Mums lebih sering mengalami kerontokan setelah melahirkan si Kecil.

Baca juga: Rambut Rontok saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Tips Merawat Kesehatan Rambut Selama Kehamilan

Meskipun peningkatan hormon estrogen selama hamil dapat membuat rambut Mums menjadi tampak lebih tebal dan berkilau, namun hal ini mungkin akan berubah setelah Mums melahirkan. Oleh karenanya, penting untuk merawat kesehatan rambut Mums sejak selama kehamilan, sehingga risiko kerusakan atau kerontokan rambut pasca melahirkan bisa lebih dikurangi.

Nah, berikut ini ada beberapa tips merawat kesehatan rambut selama kehamilan yang bisa Mums lakukan.

1. Memijat kulit kepala

Pijat lembut kulit kepala menggunakan sedikit minyak hangat sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Aktivitas memijat ini tidak hanya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, tetapi juga membantu menenangkan kulit kepala dan membuat Mums tidur lebih nyenyak.

Mums dapat menggunakan minyak alami seperti minyak kelapa, wijen, almond, atau zaitun. Mencampurkan jenis minyak-minyak ini atau dengan jenis minyak esensial, seperti lavender, rosemary, chamomile, cedarwood, atau serai juga menjadi pilihan yang bagus. Untuk menggunakannya, campurkan 1-2 tetes minyak esensial dengan sekitar 2 sendok makan minyak alami.

Baca Juga :  Apakah Skoliosis Memengaruhi Kehamilan Mums?

Minyak lavender memiliki sifat merangsang pertumbuhan rambut, sedangkan minyak rosemary membantu meningkatkan ketebalan rambut. Minyak chamomile dapat membantu membuat rambut lebih lembut dan tampak berkilau, sementara minyak cedarwood dapat memperlambat kerontokan rambut.

2. Pilih jenis sampo dan kondisioner yang tepat

Pemilihan jenis sampo dan kondisioner yang tepat merupakan titik awal yang baik dalam proses perawatan rambut Mums selama hamil. Sampo membantu menjaga rambut Mums tetap bersih dan harum. Sampo yang baik dengan bahan yang tepat juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut serta mengontrol kondisi seperti ketombe yang menyebabkan rambut rontok. Pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis rambut Mums dan dengan bahan alami, seperti minyak argan, lidah buaya, minyak alpukat, atau jojoba yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuatnya berkilau.

Selain sampo, penggunaan kondisioner juga dapat membantu melembapkan serta mengurai rambut kusut. Kondisioner yang tepat juga sebaiknya mengandung nutrisi yang dapat melembutkan rambut. Selain itu, kondisioner juga dapat membantu mengatur nilai pH rambut dan menghaluskan kutikula rambut, yang merupakan lapisan luar yang menutupi setiap rambut.

3. Hindari perawatan rambut dengan bahan kimia dan pewarnaan

Selama kehamilan, lebih aman untuk menghindari perawatan dan pewarnaan kimiawi. Pasalnya, bahan kimia tersebut dapat diserap oleh kulit kepala dan diteruskan ke bayi yang sedang berkembang dalam rahim.

Selain itu, bahan-bahan kimia juga mungkin bisa menyebabkan reaksi alergi. Oleh karenanya, sebaiknya hindari perawatan rambut seperti bleaching, pengeritingan, atau pewarnaan rambut selama kehamilan.

Baca juga: Bahayakah Mewarnai Rambut Saat Hamil?

4. Memotong rambut secara teratur

Memotong ujung rambut secara teratur akan membantu mencegah ujung rambut bercabang dan kasar. Selain itu, memotong rambut dengan gaya baru juga akan membantu Mums merasa lebih nyaman dengan diri sendiri.

5. Hindari menyisir saat rambut masih basah

Saat basah, kondisi rambut akan sangat lemah. Sehingga, jika Mums menyisir rambut ketika masih basah, rambut akan berisiko lebih banyak mengalami kerontokan akibat tersangkut pada sisir.

Baca Juga :  Mengenal IPC dan Perbedaannya dengan Zat Besi Biasa

6. Kenali jenis rambut dan kulit kepala Mums

Sebelum memutuskan memilih jenis sampo, kondisioner, atau minyak pijak untuk perawatan rambut Mums, sangat penting untuk mengenali jenis rambut dan jenis kulit kepala Mums. Mums harus memahami apakah rambut Mums tebal atau tipis, lurus atau keriting, kusam atau berkilau. Mums juga perlu mencari tahu apakah kulit kepala Mums kering, berminyak, atau normal. Jika Mums memiliki masalah seperti ketombe, rambut rapuh atau rambut tipis dan lepek, Mums perlu memilih sampo dan kondisioner yang sesuai dengan kondisi khusus tersebut.

7. Hindari mengikat rambut terlalu ketat

Mengikat rambut terlalu ketat dapat menarik dan membuat setiap helai rambut mengalami ketegangan. Kondisi ini bisa memperparah kerontokan.

8. Konsumsi makanan sehat

Kunci untuk memiliki rambut tebal dan berkilau adalah pola makan yang seimbang. Untuk itu, pastikan untuk rutin mengonsumsi buah dan sayuran segar, biji-bijian, kacang-kacangan, dan makanan kaya protein selama kehamilan. Jangan lupa juga untuk minum air yang cukup dan tetap terhidrasi sepanjang hari.

9. Hindari stres

Stres adalah penyebab utama kerontokan rambut selama kehamilan dan setelah melahirkan. Stres memicu rambut rontok dan juga menyebabkan sel darah putih tubuh menyerang folikel rambutnya sendiri. Kondisi ini disebut dengan istilah alopecia areata.

Untuk menghindari stres, cobalah untuk mengambil waktu bersantai dengan berjalan-jalan di taman atau melakukan latihan pernapasan dan yoga.

Selama kehamilan ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh Mums, termasuk pada kesehatan rambut. Oleh karena itu, untuk memastikan rambut Mums tetap terawat selama masa kehamilan hingga pasca melahirkan, yuk lakukan beberapa tips di atas! (BAG)

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Kaki dan Rambut Mums saat Sedang Hamil!

Referensi

Parenting First Cry. “10 Effective Tips for Hair Care During Pregnancy“.

Comment