Lifter Indonesia Pemilik Dua Rekor Dunia Junior Turun di Ajang Dunia

KalbarOnline.com – Setelah vakum turnamen sejak Februari, lifter junior akan berlaga lagi. Sebab, Federasi Angkat Besi Internasional (IWF) menghelat turnamen secara virtual. Termasuk Kejuaraan Angkat Besi Dunia Junior yang berlangsung pada 15–20 November mendatang.

Awalnya, Kejuaraan Dunia Junior dijadwalkan di Bukares, Rumania, pada Maret lalu. Namun, event itu tertunda karena ada pandemi Covid-19. IWF lantas mengadakan turnamen secara virtual.

PB PABSI memastikan ada dua lifter junior yang bakal terjun dalam kejuaraan tersebut. Mereka adalah M. Faathir (61 kg) dan Rizky Juniansyah (73 kg). Keduanya memiliki catatan yang menakjubkan selama mengikuti kejuaraan internasional.

  • Baca Juga: Walau Total Angkatannya Naik, Namun Eko Yuli Belum Puas
Baca Juga :  Ganda Belia Indonesia Melawan Gigih Mantan No 1 Dunia di Game 1

Tampil kali terakhir dalam Kejuaraan Asia Junior di Tashkent, Uzbekistan, pada Februari lalu, Faathir mencetak dua rekor dunia remaja. Rekor itu diraih untuk angkatan clean and jerk 154 kg dan total angkatan 73 kg. Faathir pun sangat antusias mengikuti kejuaraan pada November mendatang.

”Rasanya pasti beda ya karena ini nanti secara virtual. Lebih nggak deg-degan karena lokasinya ya sudah kayak latihan biasanya. Anggap saja kayak latihan, tapi dengan target lebih serius,” ujar Faathir.

Baca Juga :  Alpha Tauri Pertahankan Pierre Gasly

Karena sempat dibatalkan, PB PABSI kemudian menyatakan bahwa suasana tes internal mirip kompetisi. Dalam dua kali tes itu, Faathir dan Rizky sama-sama mengalami kenaikan angkatan.

Pada Juni, Faathir mencatat hasil snatch 120 kg, clean and jerk 160 kg, serta total 280 kg. Kemudian, hasilnya dipertajam lagi pada Agustus dengan hasil snatch 122 kg, clean and jerk 161 kg, serta total 283 kg.

Comment