Tetap Memesona Selama Hamil dengan Tips Perawatan Kecantikan Berikut!

Fluktuasi hormon selama hamil bisa memberikan banyak perubahan pada tubuh Mums, termasuk pada kondisi kulit. Tak jarang, perubahan pada kulit ini membuat para ibu hamil menjadi kurang percaya diri. Meski begitu, bukan berarti Mums tidak bisa mengatasinya. lho. Yuk, simak beberapa tips perawatan kecantikan berikut agar bisa tetap tampil memesona selama hamil.

Tips Perawatan Kecantikan Selama Hamil

Kehamilan bisa menjadi momen yang benar-benar mengubah hidup Mums. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan demi memastikan kehamilan Mums tetap sehat, mulai dari menjaga asupan nutrisi yang optimal hingga melakukan aktivitas fisik untuk menjaga tubuh tetap bugar. Namun, dari semua hal tersebut, jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan kondisi penampilan selama hamil ya, Mums. Nah, untuk membantu Mums agar bisa tetap tampil mempesona selama hamil, berikut ini 10 tips perawatan kecantikan selama hamil yang bisa Mums lakukan.

1. Konsumsi makanan dengan benar

Saat hamil, sangat penting bagi Mums untuk selalu memperhatikan konsumsi makanan yang sehat. Pasalnya, asupan nutrisi ini tidak hanya dibutuhkan untuk menjaga kesehatan Mums saja, namun juga bagi si Kecil dalam kandungan.

Makanan yang mengandung minyak omega seperti kacang-kacangan, telur, dan ikan dapat membantu menjaga kulit tetap halus dan kencang. Kacang-kacangan, sayuran berdaun, beri, dan cokelat mengandung vitamin A, C, dan E, yang dapat membantu mencegah keriput, perubahan warna kulit, dan membuat kulit tampak awet muda.

Ingat ya Mums, kecantikan tidak hanya berasal dari perawatan eksternal, tetapi juga perawatan internal, yakni asupan nutrisi.

Baca juga: 5 Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama

2. Tetap terhidrasi

Ketika hamil, organ dalam tubuh Mums cenderung menyerap air dari sel kulit karena konsistensi darah semakin kental. Hal inilah yang membuat Mums perlu mengonsumsi banyak air selama hamil. Kekurangan cairan bisa membuat kulit Mums tampak kering dan kusam serta menyebabkan keriput yang membuat Mums tampak menua lebih cepat.

Rahasia kulit yang tampak awet muda selama hamil adalah mengonsumsi setidaknya 2 liter air setiap hari. Cara ini tidak hanya bermanfaat bagi Mums, tapi juga bagi bayi. Air membantu mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh, menjaga kulit tetap terhidrasi dan membantu membuat kulit tampak sehat dan bersih.

Baca Juga :  Happy Hypoxia Diduga Gejala Baru COVID-19

3. Atasi stretch mark

Cara terbaik untuk mengatasi stretch mark yang sangat umum terjadi selama kehamilan adalah dengan merawat kulit sebaik mungkin. Mums dapat menggunakan body butter atau minyak alami, seperti minyak almond atau minyak zaitun.

Pastikan untuk rutin memijat bagian-bagian tubuh yang biasanya muncul stretch mark, seperti perut, payudara dan pinggul, menggunakan body butter atau minyak alami.

4. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam, bahkan kerutan pada bagian bawah mata. Tidur yang cukup dapat membantu kulit memperbaiki kerusakan kecil yang terjadi akibat perubahan hormonal, mengurangi lingkaran hitam, dan membuat kulit Mums tampak lebih sehat.

Untuk membantu Mums memiliki kualitas tidur yang baik, cobalah gunakan bantal khusus ibu hamil atau masker mata dengan bahan yang lembut.

Baca juga: Tips Tidur Nyenyak untuk Ibu Hamil

5. Jangan lupa gunakan produk pembersih wajah yang aman

Perubahan hormonal selama hamil yang berdampak pada kondisi kulit tentu bukan hal yang bisa Mums hindari. Namun, tenang saja, Mums masih bisa kok mengupayakan beberapa cara untuk membantu kulit Mums menghadapi perubahan-perubahan ini. Salah satu cara terbaik adalah rutin membersihkan wajah dengan menggunakan produk yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Pilih produk pembersih yang dapat membantu menjaga tingkat pH kulit tetap seimbang sekaligus yang dapat menghilangkan kotoran dan sisa makeup.

6. Hindari melakukan eksfoliasi yang berlebihan

Selama hamil, kulit Mums akan menjadi lebih sensitif. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih produk eksfoliator yang lembut dan jangan lakukan eksfoliasi secara berlebihan. Eksfoliasi yang berlebihan bisa meningkatkan risiko kerusakan pada kulit dan menyebabkan jerawat.

7. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Ketika hamil, kulit Mums mungkin akan menjadi lebih sensitif jika terkena paparan sinar matahari. Maka itu, jika memang Mums perlu melakukan aktivitas di luar ruangan, selalu gunakan tabir surya yang aman untuk ibu hamil.

Baca Juga :  Mau Beli Suplemen dan Obat? Cek Informasi Penting di Kemasan!

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan terkait produk tabir surya yang aman. Pasalnya, beberapa tabir surya memiliki kandungan yang berbahaya bagi ibu hamil, seperti oxybenzone, octocrylene, dan homosalate.

Selain menggunakan tabir surya, Mums juga bisa mengurangi paparan sinar matahari dengan menggunakan topi yang lebar saat bepergian ke luar rumah.

8. Perhatikan penggunaan make up

Penggunaan make up memang bisa menjadi solusi paling praktis dalam menutupi permasalahan kulit selama hamil. Namun, hindari menggunakan produk make up secara sembarangan ya, Mums. Pastikan produk make up yang Mums gunakan tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya.

9. Hindari bahan-bahan kimia berbahaya

Bahan kimia berbahaya dalam jumlah sedikit pun bisa sangat berisiko jika digunakan selama kehamilan. Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk selalu memperhatikan kandungan dari setiap produk perawatan yang digunakan. Beberapa bahan kimia, seperti paraben, ftalat, formaldehida, dihidroksiaseton (DHA), aluminium klorida, asam salisilat dan beta-hidroksi dapat memiliki efek yang sangat berbahaya pada kulit Mums.

Krim jerawat juga mengandung bahan kimia yang dapat diserap melalui kulit ke dalam tubuh dan akhirnya masuk ke aliran darah bayi Mums. Jadi, sebelum menggunakan krim apa pun, pastikan Mums sudah memeriksa bahan-bahannya atau memeriksakan diri ke dokter sebelum menggunakannya.

10. Jangan ragu untuk memperlihatkan bentuk perut Mums

Kebanyakan ibu hamil merasa kebingungan atau bahkan tidak percaya diri dengan perubahan fisiknya. Namun, ingatlah bahwa momen kehamilan adalah perjalanan yang indah, sehingga Mums tidak perlu merasa malu untuk memperlihatkannya. Cobalah sesekali gunakan pakaian nyaman yang trendi dan tetap menonjolkan lekuk tubuh Mums.

Selama hamil ada banyak perubahan dalam diri Mums, terlebih pada kondisi fisik. Namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan bagi Mums untuk tidak bisa tampil memesona, ya. Lakukan beberapa hal di atas dan tunjukkan betapa cantiknya Mums saat hamil! (BAG)

Baca juga: Keluhan yang Umum Dialami oleh Ibu Hamil

Referensi

Parenting First Cry. “10 Simple Pregnancy Beauty Tips“.

Comment