Asrama Pekerja Sempat Bebas Covid-19, Singapura Ungkap 3 Klaster Baru

KalbarOnline.com – Sebanyak tiga klaster baru penularan virus Korona muncul lagi di asrama pekerja asing di Singapura. Padahal sebelumnya Singapura sempat berhasil menyembuhkan seluruh kasus penularan Covid-19 di asrama pekerja.

Dilansir dari The Straits Times, Senin (7/9), Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) pada Minggu (6/9) mengumumkan kasus baru terdapat di asrama Cassia @ Penjuru, Asrama CDPL Tuas, dan Kranji Lodge I. Masing-masing terkait dengan 13, 7, dan 5 kasus yang dikonfirmasi sebelumnya.

  • Baca juga: Mencontoh Singapura, Hanya Tambah 40 Kasus Baru Covid-19 dalam Sehari

Padahal sebelumnya semua asrama pekerja asing telah bebas Covid-19 pada 11 Agustus. Kini klaster baru terus bermunculan.

Dalam seminggu terakhir saja, 12 klaster baru telah muncul kembali di asrama yang sebelumnya bersih dari virus. Yaitu Cochrane Lodge I, Mandai Lodge I, Asrama Selatan Tuas, Asrama Bintang Biru, Cochrane Lodge II, asrama Westlite Toh Guan, Changi Lodge II, North Coast Lodge, dan Toh Guan Dormitory.

Baca Juga :  Wuhan Kembali Ceria, Bebas Covid-19, Tahun Baru Imlek Lebih Meriah

Terdapat 13 kasus impor, termasuk 4 warga Singapura, 2 penduduktetap, pemegang izin kerja, 5 pemegang izin kerja, dan pemegang izin kerja pelajar.

Warga Singapura dan penduduk tetap telah kembali dari India antara 24 dan 26 Agustus, dan dari Filipina pada 25 Agustus. Pemegang izin kerja adalah individu yang bekerja di Singapura yang tiba dari India pada 25 Agustus, dari Indonesia pada 24 dan 25 Agustus, dan Filipina pada 23 dan 25 Agustus. Pemegang izin kerja merupakan siswa yang tiba dari India pada 25 Agustus.

Pekerja migran yang tinggal di asrama merupakan 23 dari 40 kasus virus Korona baru yang diumumkan. Sehingga menjadikan total kasus di Singapura sebanyak 57.022 kasus.

Baca Juga :  Pontianak Temukan Klaster Sekolah dan Keluarga

Di antara 23 kasus yang berada di asrama, 5 telah diidentifikasi sebelumnya sebagai kontak dari kasus sebelumnya dan telah dikarantina untuk mencegah penularan lebih lanjut. Mereka diuji selama karantina. Sebanyak 18 kasus lainnya terdeteksi melalui pengujian pengawasan seperti pengujian rutin para pekerja di asrama setiap dua minggu.

Pasien sembuh bertambah 66 orang. Kini, total 56.318 pasien telah pulih sepenuhnya dari penyakit tersebut.
Sebanyak 51 pasien tetap di rumah sakit pada Minggu (6/9), tanpa ada yang berada dalam perawatan intensif. Sementara 611 sedang dalam pemulihan di fasilitas masyarakat.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment