Meski Harganya Murah, Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Sungguh Ajaib!

Pepaya adalah salah satu jenis buah yang sangat populer. Rasanya yang manis, warnanya yang cerah, dan semua orang tahu manfaat pepaya untuk kesehatan sehingga membuat buah yang satu ini menjadi favorit banyak orang. Pepaya sangat mudah didapatkan bahkan harganya sangat terjangkau.

Karena buah pepaya mudah didapatkan, maka Kamu bisa mengkonsumsi pepaya secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya. Tak main-main, pepaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan mulai dari melancarkan sistem pencernaan hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Pepaya, Malaikatnya Buah-buahan

Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

Nah, berikut adalah beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan:

1.Mengatasi Sembelit

Sembelit terjadi karena adanya gangguan pada sistem pencernaan sehingga bisa membuat seseorang susah buang air besar. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda bisa mengatasinya dengan pepaya. Orang yang tinggal di daerah tropis menganggap pepaya sebagai obat untuk sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS) lainnya.

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membuat protein lebih mudah dicerna. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengkonsumsi pepaya selama 40 hari mengalami perbaikan yang signifikan pada sembelit dan kembung. Benih, daun dan akar pepaya juga telah terbukti dapat mengobati bisul pada hewan dan manusia.

Baca Juga :  Menyusui: Sehat untuk Bayi, Ibu, dan Lingkungan

2.Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan tinggi dalam buah pepaya dapat membantu melindungi sel dari kerusakan dan menurunkan risiko kanker. Pepaya juga mengandung likopen yang memiliki khasiat anti kanker. Likopen adalah pigmen karotenoid yang memberi warna pada beberapa sayuran dan buah.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology and Prevention Biomarkers menjelaskan bahwa pepaya mengandung beta-karoten. Mengkonsumsi beta-karoten yang terdapat dalam buah pepaya dapat mengurangi risiko terhadap kanker prostat.

3.Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi buah pepaya secara rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung . Studi menunjukkan bahwa buah-buahan yang tinggi likopen dan vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung. Antioksidan dalam pepaya dapat melindungi jantung dan meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol baik (HDL).

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi suplemen pepaya yang difermentasi selama 14 minggu mengalami lebih sedikit peradangan dan rasio yang lebih baik dari kolesterol jahat (LDL) ke kolesterol baik (HDL) daripada orang yang diberi plasebo. Rasio yang meningkat terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Bolehkah Mencuci Buah dan Sayuran dengan Sabun?

4.Menurunkan Berat Badan

Pepaya sangat rendah kalori dan serat yang ada di dalamnya membantu Kamu merasa kenyang lebih lama. Dengan saluran pencernaan yang sehat dan sistem kekebalan tubuh, pepaya membantu menurunkan berat badan secara keseluruhan. Serat alami mendetoksifikasi tubuh dan membersihkannya, dengan demikian menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Baca Juga :  Gedung Baru Markas PMI Kalbar Bakal Diresmikan di Momen HUT RI

Selain itu, biji yang ditemukan dalam buah pepaya dapat mencegah tubuh menyerap lemak. Oleh karena itu, segenggam biji pepaya juga dapat membantu menurunkan berat badan. Tak ada salahnya menjadikan pepaya sebagai salah satu makanan yang bisa Kamu konsumsi saat diet.

5.Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pepaya mengandung beberapa vitamin yang sangat menyehatkan seperti vitamin A, C, dan E yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi pepaya secara rutin mampu mengurangi risiko berbagai infeksi penyakit. Anda bisa makan daging buah pepaya atau minum jus pepaya.

Demikian informasi mengenai manfaat pepaya untuk kesehatan yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga: Murah Meriah, Jambu Biji Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Sumber Referensi:

Healthline : 8 Proven Papaya Benefits

Medicalnewstoday: What are the health benefits of papaya?

Times Of India : Benefits-of-eating-papaya

Comment