by

Mau Wajah Putih Alami, Lakukan Perawatan Kulit dengan Air Beras ala Korea

Jika Kamu penggemar kecantikan ala Korea, pasti tahu dong kalau air beras merupakan salah satu bahan utama produk kecantikan di sana. Tidak mengherankan jika air beras disebut sebagai salah satu produk kecantikan alami untuk perawatan kulit orang Korea. Air beras tidak lain merupakan air yang direndam beras atau air tersisa setelah Kamu menanak nasi.

Sekitar 1.000 tahun lalu, wanita di Jepang menggunakan air beras untuk membuat rambut mereka lebih kuat dan indah. Mereka juga menggunakan air beras untuk merawat kulitnya agar tetap putih alami. Dan sekarang, air beras semakin populer digunakan untuk perawatan kulit oleh wanita di mana pun karena bisa menenangkan dan mengencangkan kulit wajah. Bahkan, air beras dipercaya bisa memperbaiki kondisi kulit yang berbeda.

Baca juga: Jerawatan Selama di Rumah Aja? Ini Penyebabnya!

Mengandung Antioksidan

Air beras mengandung zat yang dikenal bisa membantu melindungi dan memperbaiki kulit Kamu lho, Geng Sehat. Selain itu, penggunaan air beras dapat mencerahkan kulit atau mengurangi bercak hitam di wajah. Walaupun belum terbukti secara ilmiah, wanita di Korea dan Jepang menggunakan air beras untuk meminimalkan dan mencerahkan kulit mereka. Air beras diasumsikan mengandung beberapa enzim yang memiliki efek mencerahkan kulit.

Jadi, Kamu tidak usah heran kalau ada banyak produk kecantikan seperti sabun, toner, dan krim wajah yang mengandung air beras. Penelitan di tahun 2013 menyimpulkan bahwa, air beras yang difermentasi dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari. “Air beras yang difermentasi dapat meningkatkan kolagen di kulit, membuat kulit Kamu kenyal dan mencegah kerutan di wajah. Tampaknya, air beras yang difermentasi memiliki sifat tabir surya alami,” kata ilmuwan.

Selain itu, air beras yang difermetasi bermanfaat sebagai anti penuaan karena sifat antioksidannnya. Sebuah penelitian mengevaluasi efek formulasi gel yang mengandung air beras pada kulit manusia dengan melibatkan 12 relawan yang menggunakan produk tersebut selama 28 hari. Dan ternyata, air beras mengandung antioksidan yang dapat menghambat aktivitas elastase (enzim yang merusak elastin). Dengan demikian, dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan memperlambat penuaan.

Baca juga: Cantik Tanpa Stres dengan Makeup yang Aman

Step by Step Perawatan Kulit dengan Air Beras

Ada beberapa cara untuk menyiapkan air beras. Pilihlah yang paling mudah buat Kamu. Terpenting, Kamu harus mencuci beras terlebih dahulu. Tidak ada keharusan untuk menggunakan beras jenis tertentu. Kamu bisa menggunakan beras yang biasa dimakan di rumah.

Direndam. Siapkan 100 gram beras, cuci hingga bersih dan kemudian tiriskan. Tambahkan 700 ml air ke dalam mangkuk berisi beras dan rendam selama 30 menit. Dengan jari tangan, aduk perlahan beras sambil ditekan. Saring beras dan masukkan airnya ke dalam botol kaca. Kamu dapat menyimpan air beras selama seminggu di lemari es.

Direbus. Cuci beras sampai mendidih dan tiriskan. Masukkan air empat kali lebih banyak daripada beras. Aduk beras dan air hingga mendidih. Setelah itu, peras untuk mengeluarkan bahan kimia yang ada. Saring, dinginkan, dan masukkakn ke dalam wadah kedap udara. Simpan di dalam lemari es. Sebelum digunakan, tambahkan air biasa agar air beras jadi lebih encer.

Fermentasi. Cuci secangkir beras, sekitar 100 gram dengan air biasa dan tiriskan. Tuang air sebanyak 700 ml ke dalam mangkuk berisi beras. Rendam beras di dalam air selama dua hari agar berfemtasi. Setelah dua hari, aduk beras airnya dan saring. Masukkan ke dalam botol kaca dan masukkan ke dalam lemari es. Ini cara termudah untuk menyiapkan air beras fermentasi di rumah. Kamu bisa menggunakan air beras fermentasi untuk perawatan kulit dan rambut.

Bagaimana Geng Sehat? Apakah kalian tertarik untuk menggunakan air beras untuk perawatan wajah? Well, tidak ada salahnya kok untuk mencoba perawatan alami wanita Korea dan Jepang lho! Dengan mengaplikasikan air beras pada wajah setiap pagi, Kamu akan mendapatkan manfaat yang luar biasa. Menariknya, Kamu bisa membuat air beras di rumah. Yang terpenting, mudah dan murah. Jadi, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak, Geng Sehat!

Baca juga: 7 Hal Tak Biasa yang Bisa Bikin Kulit Tampak Bercahaya

Referensi:

The Indian Express. Korean skincare: Try this step every morning to get firm and glowing skin

Healthline. Does Washing Your Face with Rice Water Help Your Skin?

STYLECRAZE. Rice Water For Skin – Benefits And How To Use It Properly

Comment

News Feed