Iin Solinar-Rahmat Sutoyo Paslon Pertama Daftarkan Diri ke KPU Melaju di Pilkada Ketapang 2020

Iin Solinar-Rahmat Sutoyo Paslon Pertama Daftarkan Diri ke KPU Melaju di Pilkada Ketapang 2020

KalbarOnline, Ketapang – Bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Iin Solinar dan Rahmat Sutoyo jadi kandidat pertama yang mendaftar pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Ketapang tahun 2020. Protokol kesehatan pun diterapkan secara ketat saat proses pendaftaran di KPU Ketapang.

Iin Solinar dan Rahmat Sutoyo tiba di kantor KPU Ketapang sekitar pukul13.25 WIB, bakal pasangan calon itu didampingi pengurus partai pengusung. Petugas KPU membatasi massa pendukung yang masuk ke halaman maupun ruangan KPU.

Hanya beberapa orang yang diizinkan masuk oleh polisi yang menjaga pintu masuk ke ruang pendaftaran. Mereka yang hendak masuk wajib memakai tanda pengenal yang telah disediakan oleh KPU.

Iin Solinar-Rahmat Sutoyo Paslon Pertama Daftarkan Diri ke KPU Melaju di Pilkada Ketapang 2020 2

“Kami akan memeriksa dokumen yang telah dibawa oleh pasangan calon, jadi kami akan meminta waktu selama 10 menit, kami mohon waktunya untuk menunggu sebenta,” kata Ketua KPU Ketapang, Tedi Wahyudin saat memberikan keterangan kepada pasangan calon, Jumat (4/9/2020).

Baca Juga :  Aron-Subandrio Apresiasi KPU dan Bawaslu Sekadau

Ketua dan Komisioner KPU langsung menerima berkas persyaratan dari Bapaslon dengan jargon “ISO BISA” itu dengan disaksikan Bawaslu Ketapang. Berkas itu langsung diverifikasi oleh petugas. Setelah proses verifikasi selesai, bakal pasangan calon akan dimintai tanda tangan bukti persyaratan itu telah diterima oleh KPU.

“Setelah kita lakukan verifikasi nantinya bakal calon dipersilama mendandatangani tanda terima berkas yang telah diverifikasi oleh KPU,” ujar Ketua KPU.

Iin Solinar dan Rahmat Sutoyo datang mendaftar ke KPU membawa puluhan massa pendukung dan pengurus teras partai. Tak tampak hal spesial saat paslon itu datang. Rombongan hanya memakainya kemana putih dan menaiki mobil pribadi dengan pengawalan pihak kepolisian.

Pasangan bakal calon ini sudah mengantongi 10 kursi di DPRD Ketapang. Gerindra 6 kursi, Demokrat 2 kursi dan Perindo 2 kursi. Keduanya pun resmi didukung 3 partai untuk maju pada Pilkada Ketapang 2020.

Baca Juga :  Aron-Subandrio Jalani Pemeriksaan Kejiwaan di RSJD Sungai Bangkong

Iin Solinar dan Rahmat Sutoyo sama-sama pernah menjabat di kursi legislatif. Iin Solinar yang merupakan mantan politisi PAN itu pernah menjadi anggota DPRD Ketapang periode 2019-2019. Wakilnya Rahmat Sutoyo juga bekas pengurus partai Golkar yang menjabat anggota DPRD Ketapang Sejak tahun 1999 hingga 2019.

Ketua Tim pemenangan Paslon Iin Solinar dan Rahmat Sutoyo, Khadarisman mengatakan kalau dirinya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan agenda pendaftaran yang dilakukan pada hari ini.

“Alhamdulillah kami mendaftarkan yang pertama. Tidak banyak yang mau saya sampaikan selain ucapan rasa syukur kepada Allah SWT bahwa hari ini pendaftaran kami yang diusung oleh tiga partai dan relawan dan juga simpatisan dapat berjalan lancar,” ucapnya. (*)

Comment