Tito Minta Kepala Daerah Pantau Implementasi Pemberian Kuota Gratis

KalbarOnline.com – Pemerintah telah mengalokasikan anggaran Rp 7,2 triliun untuk bantuan kuota gratis siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Subsidi tersebut akan berlangsung selama empat bulan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pun menegaskan, agar para kepala daerah memantau implementasi pemberian kuota gratis untuk siswa dan guru di sekolah.

“Tolong juga ingatkan sekolah untuk memastikan pengisian nomor handphone siswa di Dapodik (daftar pokok pendidikan) untuk menerima bantuan penyediaan kuota,” terang dia dalam siaran YouTube Kemendikbud RI, Kamis (3/9).

Baca Juga :  Pakar Hukum: Peralihan Status ASN Buka Peluang Praktik Rasuah di KPK

Hal ini, kata dia harus segera dipastikan kelancaran penyaluran bantuan kuota gratis. Apalagi anggaran yang dikeluarkan tidak sedikit.

Baca juga: Berikut Cara Dapatkan Subsidi Kuota Gratis untuk Siswa

“Makin cepat pengisian ini, maka tentunya akan makin baik, karena eksekusinya bisa cepat dan tepat juga sesuai dengan anggaran yang ada,” tuturnya.

Dia berharap agar seluruh stake holder di bidang pendidikan jujur dalam menjalankan tugas penyaluran bantuan ini. Begitu juga untuk bantuan uang kuliah tunggal (UKT) agar dapat membantu mereka yang membutuhkan di tengah pandemi ini.

Baca Juga :  Tanggulangi Covid-19, Pemerintah Libatkan Perangkat Desa, RT, dan RW

“Tentunya nanti kita harapkan betul-betul eksekusinya tepat sasaran dan cepat perlu dukungan dari pemerintah daerah. Juga bantuan untuk mahasiswa untuk UKT sebanyak lebih kurang Rp 1 triliun,” tutupnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment