Walau Total Angkatannya Naik, Namun Eko Yuli Belum Puas

KalbarOnline.com – PB PABSI (Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia) menjadikan tes internal sebagai substitusi turnamen yang terhenti karena pandemi Covid-19.

Hasil tes internal tersebut jadi acuan kestabilan performa para lifter pelatnas.
Dalam tes Jumat lalu (28/8), lifter Eko Yuli Irawan mencatat total angkatan 317 kg.

Dengan perincian, snatch 142 kg serta clean and jerk 175 kg. Hasil tersebut mengalami peningkatan dari tes pertama Juli lalu.

Pada tes pertama bulan lalu, peraih perak Olimpiade Rio 2016 itu mencatat angkatan snatch 135 kg serta clean and jerk 176 kg sehingga totalnya 311 kg. Artinya, angkatan Eko bulan ini mengalami kenaikan 4 kg.

Baca Juga :  Tunggal No 1 Indonesia Merasa Masih Banyak yang Perlu Dia Evaluasi

Eko mengungkapkan, meski ada peningkatan, hasil tes terbaru belum sesuai ekspektasinya. ’’Ini baru perbaikan angkatan. Sebab, target saya untuk Olimpiade itu bisa (angkatan) 325 kg sampai 330 kg,’’ ujarnya.

Eko memang tidak terlalu terburu-buru. Apalagi, setiap bulan akan ada tes internal. ’’Yang penting ada grafik kenaikan dan memang masih jauh untuk Olimpiade 2021-nya,” tutur lifter Jawa Timur itu.

Sebagai gambaran, untuk saat ini, rekor dunia kelas 61 kg dipegang rivalnya, Lu Fabin (Tiongkok), dengan 318 kg. Eko berupaya bisa melampaui hasil tersebut.

Karena vakum perlombaan sampai akhir tahun, Eko menyambut baik tes internal yang dilakukan PB PABSI. Apalagi, formatnya dibuat seperti pertandingan sesungguhnya.

Baca Juga :  Start Posisi ke-11, Finis Runner-up, Alex Marquez: Saya Sangat Bahagia

’’Ini buat membiasakan diri saja meski bukan panggung besar seperti pertandingan yang biasanya. Tapi, tetap ada wasit, pemanggilan angkatan, dan sebagainya. Cukup oke buat latihan,’’ imbuh Eko.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PB PABSI Djoko Pramono menyatakan, dari hasil tes internal, para lifter harus mampu mempertahankan raihan. Apalagi, masih ada waktu yang cukup lama.

’’Masih sekitar 10–11 bulan lagi. Progres latihan mereka harus terus meningkat. Terutama bagi para lifter yang prioritas untuk Olimpiade nanti. Ada target besar yang harus dicapai,’’ tegas Djoko.

Comment