Satgas Covid-19 Tegaskan Suntik Vaksin Belum Jamin Kebal Corona

KalbarOnline.com – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menegaskan sampai saat ini tidak ada garansi yang menyatakan masyarakat yang disuntik vaksin akan kebal terhadap corona.

Hal tersebut dikemukakan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Kantor Presiden, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

“Jadi melihat kondisi yang ada dari perkembangan terkini, bahwa orang yang terinfeksi ternyata masih bisa terinfeksi ulang, dan perkembangan ilmu pengetahuan dalam pengembangan vaksin juga masih berjalan. Sampai sekarang belum ada hasil yang mengatakan bahwa vaksin ini akan memberikan proteksi atau kekebalan selama berapa lama,” kata Wiku Adisasmito dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (1/9/2020).

Baca Juga :  Klub Moge HOG Siliwangi Jadi Sorotan Usai Keroyok Anggota TNI, Tenyata Ini Sosok Jenderal Dibelakangnya

Wiku menegaskan meski saat ini proses uji klinis vaksin sedang dilakukan di beberapa negara, namun vaksin bukan satu-satunya yang bisa melindungi masyarakat untuk beraktivias sosial ekonomi. Justru, proteksi pertama bagi masyarakat adalah pencegahan.

“Cara pencegahan yang paling utama adalah menerapkan protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” ujar Wiku Adisasmito.

Baca Juga :  Din Syamsuddin Dicap Negatif Alumni ITB, Menag: Jangan Terlalu Mudah Melabeli Pak Din Radikal

Wiku menyatakan, dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dan membiasakan ketiga hal itu maka kebiasaan baru kolektif di seluruh masyarakat Indonesia, semakin mendukung langkah proteksi.

“Berubah secara kolektif itu adalah proteksi kita semua. Vaksin sedang berkembang dan diharapkan menjadi proteksi berikutnya dari masyarakat di seluruh dunia dan Indonesia,” tutupnya. [rif]

Comment