Punya Diabetes Masih Merokok? Awas, Kombinasi Berbahaya!

Memiliki diabetes saja sudah meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan, apalagi ditambah merokok. Merokok dan diabetes adalah dua kombinasi berbahaya. Sama saja menambah bahan bakar ke api yang menyala.

Efek berbahaya dari gabungan merokok dan diabetes adalah mempercepat kerusakan pembuluh darah. Tak hanya pada orang yang sudah didiagnosis diabetes, merokok ternyata bisa memicu datangnya diabetes.

Baca juga: Kurang Tidur Bisa Memicu Diabetes Lho!

Bahaya Merokok dan Diabetes

Inilah 4 alasan diabetes dan merokok adalah kombinasi berbahaya!

1. Merokok meningkatkan gula darah

Jika Kamu menderita diabetes, tubuh Kamu harus bekerja cukup keras untuk menjaga agar gula darah tetap terkendali. Merokok dapat membuat tugas ini semakin sulit. Merokok dapat membuat tubuh lebih resisten terhadap insulin, yang dapat semakin meningkatkan kadar gula darah. Padahal, gula darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi diabetes serius, termasuk masalah pada ginjal, jantung, dan pembuluh darah kecil.

2. Merokok menyebabkan kerusakan jantung dan pembuluh darah

Seperti diabetes, merokok juga merusak sistem pembuluh darah dan jantung. Beban ganda ini bisa mematikan. Setidaknya 68 persen orang dewasa usia 65 tahun atau lebih dengan diabetes meninggal karena penyakit jantung, seperti dinyatakan oleh American Heart Association. Enambelas persen lainnya meninggal karena stroke.

Baca Juga :  Mums, Yuk Kenalkan Si Kecil dengan Berbagai Manfaat Jamur!

Jika Kamu penyandang diabetes, Kamu memiliki risiko dua hingga empat kali lebih mungkin terkena penyakit jantung atau stroke dibandingkan orang tanpa diabetes.

Baca juga: Jangan Tunda, Lakukan 8 Tips Mencegah Penyakit Jantung Mulai Sekarang!

3. Merokok menyebabkan penyakit pernapasan

Ini sudah jelas. Merokok secara langsung memengaruhi paru-paru dan dapat menyebabkan bronkitis kronis, emfisema, dan penyakit pernapasan lainnya. Orang dengan penyakit ini berisiko lebih tinggi terkena infeksi paru-paru, seperti pneumonia. Infeksi ini bisa sangat berbahaya jika Kamu adalah seorang diabetesi.

Kamu mungkin menjadi lebih sering bolak-balik ke rumah sakit karena lebih sering sakit daripada penyandang diabetes lain yang kondisinya fit. Semakin sering sakit, penderita diabetes semakin sulit mengendalikan kadar gula darah.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Amerika Serikat, penderita diabetes tiga kali lebih mungkin meninggal karena pneumonia dibandingkan mereka yang tidak.

4. Merokok merusak mata

Penderita diabetes juga memiliki risiko lebih tinggi terkena beberapa penyakit mata, termasuk katarak dan glaukoma. Diabetes yang tidak terkontrol juga dapat menyebabkan kondisi mata yang disebut retinopati diabetik. Merokok dapat mempercepat perkembangan retinopati diabetik dan memperburuk keadaan. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan kebutaan.

Baca Juga :  Penderita Diabetes, Hindari Makanan yang Meningkatkan Kadar Trigliserida!

Baca juga: Inilah Target Utama Coronavirus: Pria, Usia Tua, dan Perokok

Bagaimana Mencegah Semua itu?

Untuk menurunkan risiko komplikasi diabetes, berhenti merokok dan hindari semua produk tembakau adalah sebuah keharusan. Tentu saja, itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Merokok membuat ketagihan dan sangat sulit untuk dihentikan.

Mulailah dengan niat berhenti merokok, dengan menulias daftar semua alasan Kamu harus berhenti merokok. Kemudian tetapkan tanggal berhenti untuk memulai gaya hidup bebas rokok.

Kabarkan pada teman dan anggota keluarga sehingga mereka bisa memberikan dukungan. Jika perlu, hubungi dokter untuk diberikan program berhenti merokok secara bertahap.

Baca juga: Apakah Berhenti Merokok Tanpa Bantuan Tenaga Medis Bisa Berhasil?

Referensi

Dmsjournal.biomedcentral.com. Smoking and diabetes: dangerous liaisons and confusing relationships

Cdc.gov. Smoking and diabetes.

Comment