Banyak Dokter Meninggal, Pakar Sebut Indonesia Seperti AS dan Rusia

KalbarOnline.com – Sudah 102 dokter meninggal di tanah air akibat Covid-19. Berbagai macam penyebabnya, ada yang tertular dari pasien, atau saat praktik dan pelayanan, ada juga karena hal lain. Banyaknya dokter yang gugur membuat Indonesia semakin kekurangan tenaga medis untuk menangani lonjakan kasus baru yang terus terjadi.

Pakar Kesehatan dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dr. Hermawan Saputra menjelaskan kondisi yang terjadi di Indonesia mirip seperti yang terjadi di negara Rusia dan Amerika Serikat. Kasus Covid-19 di Amerika Serikat mencapai 6,2 juta kasus dan Rusia 1 juta kasus menurut data Worldometers.

Baca Juga :  61 Pegawai Reaktif Covid-19, PN Jakarta Pusat Lockdown 2 Pekan

“Kasus dokter meninggal di Indonesia seperti di Rusia dan AS. Tapi di Rusia dan AS memang agak banyak karena tesnya mereka juga masif,” kata dr. Hermawan kepada KalbarOnline.com, Selasa (1/9).

“Kita ini di Indonesia ada sesuatu yang tak terdeteksi karena tak terlaporkan kasusnya. Karena keterbatasan tes,” tambahnya.

Tentu saja dokter di Indonesia kelelahan dengan banyaknya kasus Covid-19. Rasio dokter dibanding penduduk saja begitu jauh perbandingannya. Di Indonesia, rasio 1 dokter melayani 150 ribu penduduk.

Baca Juga :  Ini Jadwal Baru Turnamen Bulu Tangkis Internasional Hingga Akhir Tahun

“Kalau dibandingkan Malaysia dan Singapura kumulatif secara agregat angka, kita masih jauh. Tapi dari jumlah penduduk. Di Malaysia 1 : 1.500 penduduk. Indonesia 1:150 ribu penduduk,” katanya.

Itu pun belum cukup. Idealnya semestinya seorang dokter menangani 1.000-1.500 penduduk. “Tapi ini pun banyak dokter malah berguguran, semakin sulit SDM kita begitupun SDM di ruang ICU,” tuturnya.

Comment