Wagub Ria Norsan Dorong UMKM Kalbar Menuju Digitalisasi

Wagub Ria Norsan Dorong UMKM Kalbar Menuju Digitalisasi

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat terus mendorong digitalisasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berekspansi menjalankan binsis secara digital. Langkah ini dilakukan agar UMKM bisa naik kelas dan menjadi pemain global. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan usai menghadiri Pameran UMKM Terbatas Karya Kreatif Indonesia (KKI) tahun 2020 di Pendopo Gubernur Kalbar, Senin (31/8/2020).

“Sekarang itu, UMKM harus menuju digitalisasi untuk penjualan produknya atau dengan sistem online. Karena apa, sekarang ini memang sedang top belanja menggunakan online, karena waktu menjadi efesien dan sebagainya. Sementara untuk pelaku usaha pun, usahanya dapat lebih dikenal masyarakat. Misalnya melalui media sosial seperti Youtube, Facebook dan sebagainya,” ujarnya.

Baca Juga :  Setelah Dilantik, Ini Prioritas Midji-Norsan di Kalbar

Hal ini menjadi penting, sebab kata Norsan, UMKM merupakan salah satu pendongkrak ekonomi Kalbar. Sehingga UMKM diharapkan terus berkembang dan dapat menjadi sumber kekuatan ekonomi baru. Untuk itulah diperlukan inovasi untuk memperluas pasar. Salah satunya dengan digitalisasi.

“UMKM ini salah satu pendongkrak ekonomi Kalbar. Dari UMKM inilah ekonomi masyarakat berkembang,” ucapnya.

Baca Juga :  Pemkot Pontianak Gelar Workshop Kearsipan

Seperti diketahui bahwa Bank Indonesia perwakilan Kalbar menggelar pameran UMKM terbatas dan online coaching clinic dalam rangka menyemarakkan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020. Kegiatan yang melibatkan UMKM Kalbar ini bertujuan untuk membantu pemulihan ekonomi Kalbar.

“Karena dengan bangkitnya UMKM ini akan mendongkrak perekonomian di Kalbar. Karena dengan kondisi saat ini, adanya pandemi Covid perekonomian kita drastis menurun bahkan minus. Dengan bergeraknya kembali UMKM sehingga ke depannya dapat memberikan sumbangsih bagi pertumbuhan ekonomi Kalbar,” tandas Wagub. (Fai)

Comment