S Pen Samsung Galaxy Note 20 Makin Canggih dan Kaya Fungsi

KalbarOnline.com – Samsung Galaxy Note terkenal dan berbeda di antara ponsel-ponsel pintar lainnya karena hadirnya pena stylus digital S Pen. Terkait S Pen di Galaxy Note, kini makin canggih. Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra terbaru, turut dibekali dengan S Pen dan makin canggih serta kaya fitur baru.

Soal S Pen di Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra terbaru, berdasarkan klaim Samsung dan pengujian yang sudah kami lakukan, bak tongkat sihir yang bisa menyajikan “magic” yang dalam hal ini akan banyak membantu penggunanya. Beragam fitur hadir dan bisa dimudahkan dengan S Pen terbaru.

  • Baca juga: Hilang atau Rusak, Segini Harga Aksesori S Pen Galaxy Note 20

Pena stylus tersebut bahkan kini hadir dengan latensi hanya 9 ms di duo perangkat Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra. Di atas kertas, latensi tersebut jauh menyusut jika dibandingkan dengan S Pen di Note 10 sebelumnya yang besarnya di angka 42 ms.

Fitur
Soal fitur, melalui kehadiran Galaxy Note 20 Series baru, Samsung turut memperluas fitur yang ada di S Pen yakni Air Action yang kini bisa digunakan untuk menjalankan fungsi-fungsi lainnya di perangkat tersebut. Misalnya saja fungsi navigasi perangkat yang kini bisa dilakukan dengan S Pen tanpa harus menyentuh layar.

Caranya mudah, seperti magic, ujung S Pen cukup diarahkan ke layar smartphone tanpa menyentuh. Kemudian pengguna dengan S Pen cukup menekan dan menahan tombol yang ada di stylus, kemudian melakukan salah satu dari lima gerakan yang tutorialnya sudah diberikan Samsung.

Baca Juga :  Samsung Galaxy A31, Kualitas Kelas Menengah Seri A yang Lebih Ekonomis

Cukup menekan tombol di S Pen dan menggoyang-goyangkan S Pen sesuai petunjuk yang diberikan di tutorial awal, pengguna Note 20 bisa melakukan fungsi tertentu. Masing-masing gerakan yang dibuat akan mewakili fungsi tertentu dan berbeda untuk dilakukan.

Screenshot kustomisasi fungsi Air Action S Pen di Galaxy Note 20 Ultra. (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Fungsi seperti “Back”, “Home”, dan “Recent Apps” dapat dengan mudah dilakukan tanpa menyentuh layar sama sekali. Ada juga fungsi lainnya seperti “Smart Select” untuk menangkap screenshot di area yang dipilih dengan S Pen, dan “Screen Write” untuk mengambil tangkapan layar, kemudian menggambar di atasnya yang bisa dilakukan.

S Pen juga bisa diatur sebagai shortcut untuk memanggil aplikasi tertentu. Pengguna bisa mengkustomisasi dan menentukan fungsi apa yang ingin mereka jalankan oleh gerakan-gerakan di S Pen ini. Gestur Air Actions pun bisa dibuat menjalankan aplikasi tertentu sesuai keinginan.

S Pen juga dapat digunakan sebagai “remote” untuk aplikasi kamera dan media playback. Pengguna bisa menjepret foto dari kejauhan hanya dengan menekan tombol di S Pen. Tombol serta gestur pun bisa dipakai menjalankan fungsi-fungsi terkait pemutaran konten serta mengatur volume suara perangkat.

Menulis di Atas Kertas
Ulasan terkait teknologi S Pen di handset Galaxy Note 20 Series baru adalah pengalaman kala corat-coret sesuatu di layar smartphone tersebut. Latensi yang sangat rendah yakni 9 ms dan perbedaannya yang cukup jauh dengan Galaxy Note 10 sebelumnya turut membawa pengalaman yang ditingkatkan pada perangkat ini.

Baca Juga :  Samsung Galaxy Z Fold2 Berhasil Pikat Konsumen, Pre Order Memuaskan!

Dengan latensi tersebut, pengalaman menulis atau corat-coret sesuatu di Galaxy Note 20 Series dalam hal ini Note 20 Ultra serasa seperti menulis atau menggambar di kertas asli, bukan pada sebuah smartphone dan pena digital. Latensi yang sangat minim memungkinkan pengalaman pengguna ditingkatkan dengan jarak atau hambatan yang berasal antara sentuhan ujung pena stylus dan layar smartphone dapat ditekan.

Hasilnya, saat ujung pena stylus menyentuh area layar smartphone, seketika itu juga coretan tampil di layar. Fungsi benar-benar seperti menulis atau menggambarkan sesuai di kertas asli dengan pena asli.

S Pen Samsung Galaxy Note 20 Makin Canggih dan Kaya Fungsi 2
Hasil coretan di Galaxy Note 20 Ultra dengan S Pen-nya. (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Seperti perangkat sebelumnya, saat S Pen dikeluarkan, sejumlah fungsi aplikasi akan muncul mulai dari fungsi menulis notes atau catatan, melihat catatan, menulis di layar, pesan live, coretan Augmented Reality (AR), terjemahan sampai fungsi menggambar dan mewarnai objek layaknya sebuah buku menggambar.

Di luar kebutuhan penunjang produktivitas dengan banyak fungsi S Pen yang ditawarkan untuk yang hobi menggambar, sketsa, atau mewarnai objek, Note 20 Series dan S Pen-nya bisa melakukan hal tersebut. Selain bisa diajak bekerja dan sangat fungsional, fitur-fitur Galaxy Note 20 Series dan kehadiran S Pen-nya juga menghibur.

Comment