Personel Polres Ketapang Amankan Ricuh Massa di Kantor KPU

Personel Polres Ketapang Amankan Ricuh Massa di Kantor KPU

Latihan Sispamkota hadapi Pilkada Ketapang 2020

KalbarOnline, Ketapang – Aksi unjuk rasa di halaman Kantor KPU Ketapang, Senin (31/8/2020) pagi berujung ricuh. Puluhan pengunjuk rasa terlibat aksi saling dorong dengan personil Kepolisian. Demonstrasi ricuh itu, bukan merupakan kejadian yang benar-benar terjadi, melainkan bagian dari rangkaian simulasi pengamanan kota melalui penanganan aksi unjuk rasa di depan Kantor KPU Ketapang, menghadapi Pilkada Ketapang yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020.

Sispamkota ini dilaksanakan sebagai bentuk peningkatan kesigapan serta kemampuan satuan tugas Operasi Mantap Praja Kapuas 2020 Polres Ketapang serta untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan personil agar mampu mempersiapkan diri dalam segala kondisi tugas dan sesuai dengan protap. Latihan simulasi dan peningkatan kemampuan tersebut dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Ketapang, AKP Aditya Octorio Putra.

Baca Juga :  Seorang Petani di Tumbang Titi Ketapang Ditemukan Tewas Tergantung di Pohon Jengkol

Personel Polres Ketapang Amankan Ricuh Massa di Kantor KPU 2

Kapolres Ketapang, AKBP Wuryantono dalam arahannya di hadapan personil polres menekankan bahwa simulasi pengamanan kota dan obyek vital seperti kantor KPU ini merupakan gambaran pelaksanaan tugas yang akan dilakukan personil jajaran Polres Ketapang apabila kedepannya terjadi dinamika kamtibmas yang tidak kondusif.

“Tantangan tugas kita kedepan semakin dinamis. Dalam beberapa bulan lagi di Kabupaten Ketapang akan digelar Pilkada, maka sebagai anggota polri dari sekarang kita harus bekerja mempersiapkan diri, menjaga fisik kesehatan, kesiapan mental, serta terus meningkatkan kemampuan teknis kepolisian seperti pada pagi hari ini, dengan tujuan dalam pelaksanaan pengamanan setiap tahapan Pilkada dapat berjalan aman tertib dan lancar,” ujar Kapolres, Senin (31/8/2020) pagi.

Baca Juga :  Perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2021 di Ketapang Ditiadakan

Kapolres mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk tetap bersinergi bersama TNI serta instansi terkait dalam pelaksanaan pengamanan tahapan pilkada serta tetap menjunjung tinggi netralitas Polri dalam Pilkada nantinya.

“Tanggung jawab kita bersama untuk menjawab kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri dalam menjamin Kamtibmas yang kondusif. Maka perlu diambil langkah-langkah kongkrit untuk mempersiapkan segala sesuatunya demi terwujudnya Pilkada Kabupaten Ketapang yang aman tertib dan kondusif,” tutupnya. (Adi LC)

Comment