Percantik Trotoar dengan Pohon Berbunga

Percantik Trotoar dengan Pohon Berbunga

Edi Inginkan Pontianak sebagai Kota Berkarakter

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak tengah melakukan pengerjaan trotoar di sejumlah jalan di Kota Pontianak. Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan pengerjaan trotoar tersebut dilakukan bersamaan dengan penataan pohon yang serba berbunga. Dengan kondisi tanah dan cuaca kota berjuluk Khatulistiwa ini, pepohonan berfungsi sebagai peneduh, pengarah dan penghias.

“Sehingga Kota Pontianak menjadi lebih cantik dan menarik,” ujarnya, Sabtu (29/8/2020).

Ia menjelaskan pengerjaan trotoar Jalan Ahmad Yani sudah dimulai setelah proses pengadaan dan lelang selesai. Di lapangan sudah mulai proses pengerjaan, baik yang lanjutan Tugu Digulis maupun pada segmen jalan nasional yakni dari eks Gedung Kartini hingga Untan. Kemudian dari Jalan Sutoyo hingga Kantor Gubernur Kalbar.

Baca Juga :  Wako Edi Kamtono Perjuangkan Tambah Kuota BPJS PBI ke Pusat

“Dengan lebar bervariasi mulai enam hingga sembilan bahkan dua belas meter,” sebutnya.

Edi menargetkan pengerjaan trotoar diperkirakan selesai akhir tahun ini. Namun untuk trotoar segmen jalan nasional diperkirakan selesai tahun depan. Pembangunan trotoar ini diharapkan bisa menjadi ikon infrastruktur yang humanis di Kota Pontianak.

“Kota yang indah adalah kota yang berkarakter, maunya saya Kota Pontianak berkarakter kota taman, hijau, bersih dan tertata,” imbuhnya.

Baca Juga :  Korban Tenggelam Berhasil Ditemukan Tim SAR Gabungan

Menurutnya, ruang-ruang publik harus bisa mengakomodir kebutuhan semua orang sebagai tempat berinteraksi masyarakat. Dengan komposisi penduduk Kota Pontianak yang heterogen, ruang publik sebagai wadah masyarakat dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Untuk memberikan kenyamanan di ruang publik, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak memfasilitasi dengan menyediakan kursi untuk duduk saat warga bersantai menikmati suasana di ruang publik.

“Mereka bisa santai duduk dan menikmati suasana kota ini, kita akan ciptakan Kota Pontianak sebagai destinasi yang nyaman,” pungkasnya. (jim/prokopim)

Comment