Pakar di Eropa Serukan Lebih Banyak Tes until Lawan Gelombang Covid-19

KalbarOnline.com – Seorang pakar senior di Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (European Center for Disease Prevention and Control/ECDC) meminta negara-negara Eropa untuk melakukan tes yang lebih banyak dan cepat untuk menangani merebaknya kembali kasus Covid-19, menurut laporan media Portugal pada Sabtu (29/8).

Dalam wawancara dengan Kantor Berita Lusa Portugal, Piotr Kramarz, Wakil Kepala Ilmuwan ECDC, yang misinya membantu negara-negara Eropa merespons wabah penyakit, mengatakan bahwa Eropa menghadapi pandemi Covid-19 yang bergerak lebih cepat, dengan virus tersebut kembali merebak di sejumlah negara, sementara yang lain bahkan belum meninggalkan gelombang pertama.

Baca Juga :  Hari Pertama Sekolah Tatap Muka di Pontianak Setelah Hampir Setahun Belajar dari Rumah

“Apa yang kami lihat adalah peningkatan jumlah kasus. Jumlah ini meningkat di banyak negara, meningkat dalam periode waktu yang berbeda, tetapi pasti (lebih) dalam beberapa pekan terakhir,” kata Kramarz seperti dikutip Antara dari Xinhua.

Namun, sang ilmuwan menyatakan bahwa itu tidak dapat diidentifikasi sebagai gelombang kedua dari Covid-19 baru di Eropa.

“Ini bukan gelombang kedua yang jelas, tetapi apa yang kami lihat adalah bahwa infeksi kembali muncul,” kata Kramarz, merujuk pada peningkatan tajam dalam beberapa pekan terakhir dalam jumlah kasus harian di negara-negara seperti Italia, Spanyol, Prancis, dan Jerman, yang merupakan negara-negara paling terdampak sejak awal pandemi di Eropa.

Baca Juga :  Malaysia Khawatirkan Krisis Rakhine State Ancam Stabilitas ASEAN

Saat coronavirus baru masih belum diketahui oleh para ahli dalam banyak aspek, ilmuwan ECDC itu memperingatkan bahwa dengan Covid-19, “situasinya sedikit lebih rumit,” sehingga sulit untuk mengenali berbagai fase wabah.

Dia menunjukkan bahwa peningkatan jumlah kasus mungkin tidak selalu berarti kemunculan kembali Covid-19, karena mungkin terkait dengan peningkatan tes. (*)

Comment