Xiaomi Siap Memproduksi Smartphone Under-Display Camera

Belum lama ZTE mengumumkan akan merilis smartphone dengan under-display camera –kamera selfie yang tertanam di bawah layar pada awal September ini—kini giliran Xiaomi mengumumkan siap memproduksi lini produk smartphone dengan teknologi kamera depan yang sama pada tahun depan.

Lewat blog resminya, Xiaomi mengumumkan pencapaian teknologi teranyarnya, teknologi kamera di bawah layar generasi ketiga. Sebuah teknologi yang membuat lubang kamera depan benar-benar terpendam di bawah layar, tanpa mengganggu kualitas tampilan layar di setiap inchinya.

Sebenarnya, Xiaomi sudah merintis teknologi kamera di bawah layar ini sejak tahun lalu. Bahkan sempat memperkenalkan dua prototype smartphone under-display camera ini, yang mereka sebut sebagai teknologi generasi pertama dan kedua. Namun, nampaknya dua prototype awal itu belum memuaskan, dan belum cukup memadai untuk lanjut ke proses produksi komersial.

Baca Juga :  Tiga Model IPhone Ini Bakal Disuntik Mati Setelah Series 12 Hadir

Pe-er paling berat pada smartphone under-display camera ini adalah, bagaimana membuat lapisan layar display tak menghalangi kejernihan lensa. Tapi tetap memiliki kepadatan pixels merata di seluruh layar, dari ujung ke ujung. Sementara, kepadatan pixels menjadi ganjalan untuk kejernihan tangkapan lensa, membuat hasil foto tampak lebih buram.

Pada teknologi generasi ketiga ini, rupanya Xiaomi sudah berhasil memecahkan masalah tersebut. Caranya dengan merancang sedemikian rupa, sehingga lensa kamera dapat menembus celah di antara sub-pixels layar display –berupa titik merah, hijau dan biru yang membentuk setiap pixel.

Dengan rancangan seperti itu, lensa kamera dapat menangkap obyek dengan jelas dan tajam, tanpa mengorbankan kepadatan pixels di layar –tetap memiliki kepadatan pixels yang merata di seluruh penjuru layar display. Ini yang membuat kamera (depan) benar-benar dapat disembunyikan di balik layar, tanpa mengurangi performa kamera depan sebagaimana mestinya. Tapi belum jelas, apa jenis layar yang digunakan, apakah tipe OLED atau LCD, dan berapa besar resolusinya. Belum ada informasi dari Xiaomi mengenai itu.

Baca Juga :  Smartphone LUNA X Pro Laris Karena Murah Tapi Spesifikasi Tak Murahan

Namun begitu, Xiaomi tidak bisa mengklaim sebagai produsen pertama yang memproduksi massal smartphone dengan kamera depan di balik layar. ZTE sudah duluan mencanangkan diri sebagai vendor yang siap merilis seri under-display camera ini, lewat seri barunya, ZTE Axon 20 5G. Yang kalau tak ada aral melintang, bakal rilis pada 1 September mendatang.

Yang pasti, battle of under-display camera smartphone, sudah dimulai!

The post Xiaomi Siap Memproduksi Smartphone Under-Display Camera appeared first on KalbarOnline.com.

Comment