Percayalah Manfaat Seks Membuat Kulit Makin Glowing!

Berhubungan seks tidak hanya menyenangkan untuk dilakukan dengan pasangan Kamu, tapi juga memiliki manfaat kesehatan yang tersembunyi lho, Geng Sehat! Salah satunya adalah bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Ya, tidak perlu menggunakan skincare yang mahal, cukup dengan berhubungan seks secara teratur, Kamu dan pasangan sudah mendapatkan kulit sehat. Tapi kok bisa sih?

Manfaat Seks untuk Kesehatan Kulit

Ternyata rahasinya adalah hormon oksitosin. Kadar hormon berfluktuasi selama hubungan seksual. “Oksitosin dilepaskan saat berhubungan seks. Hormon ini dikenal sebagai hormon yang meningkatkan perasaan bahagia, sehingga membuat Kamu rileks dan tenang,” kata dr. Debra Jaliman, seorang dokter kulit bersertifikat di New York, Amerika Serikat.

Selain itu, oksitosin juga bisa meredakan peradangan pada kulit dan mengurangi hormon stres kortisol. Inilah yang menyebabkan seks terasa menyenangkan. “Seks membantu menurunkan hormon stres dan itu dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh yang tercermin pada kulit seperti berkurangnya jerawat, lebih sedikit flare ruam kronis, dan kulit yang lebih bercahaya,” ujar dr. Michele Faberdari Schweiger, seorang dermatologis di New York City.

Baca Juga: Gengs, Ini Lho 6 Manfaat Seks untuk Wanita

Nah selain membuat kulit bebas jerawat, dan peradangan kulit berkurang, agar Kamu enggak penasaran, berikut adalah 5 manfaat berhubungan seks untuk kesehatan kulitmu!

Baca Juga :  Dads Punya Kebiasaan Buruk? Begini Cara Bijak Menghadapinya!

1. Meningkatkan Produksi Kolagen

“Saat kita stres, tubuh kita menghasilkan hormon yang disebut kortisol yang memecah dan merusak kolagen secara permanen,” kata Jeannel Astarita , Pendiri dan CEO Lab Kecantikan dan Tubuh Just Ageless di New York City.

Kolagen adalah protein alami dalam tubuh yang memberikan elastisitas pada kulit. Berhubungan seks secara teratur akan menghasilkan serotonin dan dopamin di otak yang menurunkan tingkat stres dan kortisol. Artinya produksi kolagen pun meningkat sehingga kulit Kamu tampak awet muda nih, Geng Sehat!

2. Membantu Membersihkan Kulit dari Racun

“(Seks) memiliki manfaat jangka panjang. Peningkatan sirkulasi darah, oksigen, dan getah bening di bawah kulit mengeluarkan racun dari tubuh untuk kulit yang lebih baik dan kesehatan secara keseluruhan,” kata Astarita.

Baca Juga: 10 Manfaat Seks untuk Kesehatan

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah ke Kulit dan Bibir

Kamu tidak harus mengalami orgasme untuk mendapatkan kulit yang bersinar. Kamu tetap bisa merasakan manfaat seks tanpa orgasme karena masih ada peningkatan suplai darah.

Ini juga membantu dalam pencegahan penuaan dini karena produksi kolagen meningkat seiring dengan peningkatan aliran darah. Selain itu, olahraga teratur juga bagus untuk meningkatkan aliran darah lho! “Aktivitas fisik melancarkan sirkulasi dan membantu mengantarkan oksigen ke kulit, membuat kulit Anda cerah,” kata Farber.

Baca Juga :  Jangan Pernah Gunakan Hand Sanitizer Sebagai Pelumas!

Selama orgasme khususnya, detak jantung Kamu akan meningkat dan suplai darah otomatis akan meningkat ke wajah. Inilah yang menyebabkan kulit Kamu terlihat lebih bercahaya dan Kamu mungkin juga bisia memperhatikan bahwa bibir terlihat lebih penuh usai bercinta.

4. Menghasilkan Serotonin dan Dopamin

“Orgasme juga menghasilkan lebih banyak serotonin dan dopamin yang berkontribusi pada kulit yang lebih baik sekaligus menyeimbangkan kadar hormon,” kata Astarita.

Tapi tak hanya berhubungan seksual dengan pasangan, masturbasi, pergi ke karaoke untuk bernyanyi dan berolahraga selama 30 menit bisa membantu meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh Kamu.

5. Meredakan Jerawat Hormonal

Hormon yang dilepaskan saat berhubungan seks dapat membantu menangkal jerawat yang terkait dengan siklus menstruasi Kamu,” kata Jaliman. “Seks membantu menyeimbangkan kadar hormon Anda pada gilirannya membantu mencegah kambuhnya jerawat.”

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Seks untuk Kecantikan!

Sumber:

Romper. 5 Surprising Benefits Of Sex For Your Skin, According To Experts
BBC. Music ‘releases mood-enhancing chemical in the brain’
Women’s Health. 5 Ways Sex Is Really, Really Good for Your Skin and Hair

Comment