Main Game Tanpa Ngelag di Galaxy Note 20 dengan RAM 8 GB LPDDR5

KalbarOnline.com – Tren gaming mobile berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan ini. Berdasarkan sejumlah riset, tren positif gaming mobile juga didukung oleh makin banyaknya perangkat smartphone yang memiliki spesifikasi dan kapabilitas untuk memainkan banyak game.

Salah satu aspek spesifikasi yang penting untuk mendukung kebutuhan gaming mobile adalah aspek penyimpanan atau RAM di sebuah perangkat smartphone. Kini, semakin meningkatnya peminat gaming mobile, banyak pabrikan smartphone berlomba-lomba menghadirkan perangkat dengan RAM besar.

Salah satu perangkat smartphone yang hadir dengan RAM besar dan canggih yang baru hadir adalah Samsung Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra. Handset tersebut hadir dengan RAM 8 GB LPDDR5 yang sudah sangat baik dalam mendukung performa untuk bermain-main di Galaxy Note 20 Series. Mulai dari bermain game casual, Mobile Legend, hingga game seberat PUBG atau Fortnite, maupun merekam video 8K.

Selain RAM, yang membuat Galaxy Note 20 Series unggul adalah aspek System on Chip (SoC) atau prosesor yang menyertainya. Perangkat tersebut hadir dengan prosesor Exynos 990 yang didukung RAM LPDDR5 sebesar 8 GB, memastikan para penggunanya tetap produktif setiap saat sembari tetap bisa bermain game.

Baca Juga :  Samsung Mulai Gandeng Pengembang Cloud Gaming, Apple Justru Ogah

Taufiqul Furqan, Mobile Product Manager Samsung Electronics Indonesia menyampaikan, dalam pengembangan setiap produk, Samsung selalu mengedepankan pengalaman pengguna. “Setiap teknologi yang kami hadirkan, selalu mendengarkan keinginan pengguna untuk mendukung cara bekerja ataupun bermain mereka lebih baik lagi dan tanpa batasan,” ujarnya belum lama ini di Jakarta.

Dia melanjutkan, kemampuan RAM yang dihadirkan Samsung di setiap generasi tidak hanya membaik dalam kapasitasnya saja, namun juga membaik performa nya berdasarkan teknologi terbaru yang digunakan. Galaxy Note 20 Ultra menggunakan RAM dengan kapasitas 8 GB menggunakan teknologi LPDDR5 yang telah ditingkatkan dari seri sebelumnya yang menggunakan teknologi LPDDR4x.

Baca Juga :  Pekerja Google Dilaporkan Bekerja Dari Rumah Sampai Pertengahan 2021

Meskipun ukuran memori merupakan hal yang cukup penting ketika membahas mengenai RAM dan game, jangan lupakan pentingnya kecepatan data-transfer yang juga tidak kalah penting. LPDDR5 secara umum memiliki kecepatan 6,400 Mb/s 50 persen lebih cepat apabila dibandingkan dengan LPDDR4X yang berada di 4266 Mb/s.

Dan yang menarik, kecepatan yang lebih cepat pada RAM LPDDR5 bahkan menggunakan daya 30 persen lebih efisien dibandingkan dengan LPDDR4X. Hal ini pada akhirnya akan berkontribusi terhadap performa yang akan berpengaruh kepada kemampuan sebuah perangkat untuk melakukan multi-tasking. Serta pengimplementasian fitur-fitur pintar pada perangkat.

“Sebelum meluncurkannya, kami telah melakukan pengujian pada device 8 GB LPDDR5 kami dan menemukan bahwa kemampuan ini merupakan sebuah sweet-spot untuk smartphone, terutama apabila digunakan untuk keperluan sehari-hari untuk mendukung penggunanya melakukan segala hal lebih baik lagi,” tandas Taufiq.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment