by

Bupati Jarot Resmikan Gedung GMII Bukit Zaitun Sungai Sawak Sintang

Bupati Jarot Resmikan Gedung GMII Bukit Zaitun Sungai Sawak Sintang

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan Gereja Misi Injili Indonesia (GMII) Bukit Zaitun Komplek Bukit Zaitun Sungai Sawak Sintang, Jumat (28/8/2020). Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penyerahan kunci didampingi Ketua Umum Sinode GMII Pdt. Dr. Jesias Frits Palandi yang juga dihadiri Wakil Bupati Sintang, Askiman, Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny, Wakil Ketua DPRD Sintang, Heri Jambri, Ketua Pembangunan GMII Bukit Zaitun, Jeffray Edward, Camat, Forkopimcam, Kepala Desa, serta para undangan.

Dalam sambutannya Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan bahwa Pemkab Sintang mendukung sepenuhnya kegiatan keagamaan. Dengan dibangunnya GMII Bukit Zaitun, tepat waktu karena sesuai  dengan visi Pemerintah Kabupaten Sintang yaitu mewujudkan masyarakat Sintang yang cerdas, sehat, maju, religius, dan sejahtera ditopang dengan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

“Pada poin religius tentunya Pemerintah Kabupaten Sintang memberikan dukungan yang sebesar-besarnya terhadap kegiatan keagamaan, salah satunya seperti pembangunan rumah ibadah GMII Bukit Zaitun ini,” ujarnya.

“Kemudian kami mengaplikasikannya dalam kebijakan anggaran, setiap tahunnya secara adil. Kami siapkan dana sebesar Rp5 miliar untuk umat Protestan, Rp5 miliar untuk umat Khatolik dan Rp5 miliar untuk umat Muslim. Itu di luar dana yang kita siapkan sesuai dengan proporsi jumlah umatnya masing-masing, melalui pimpinannya masing-masing, selama kami memimpin, sehingga setiap tahunnya dana untuk membangun sarana ibadah, dana untuk kegiatan umat beragama, itu jumlahnya ada sekitar Rp30 miliar, untuk mewujudkan masyarakatnya religius,” timpal Bupati.

Orang nomor wahid di Bumi Senentang ini menjelaskan, selama dalam pembangunan sarana tempat ibadah, tentu ada yang mengalami kendala, ada yang sudah selesai, serta ada yang sedang berjalan kurang dana.

“Dan GMII Bukit Zaitun ini patut kita jadikan contoh, dana kita bantu dan selesai tepat waktu, dan kami mengucapkan terima kasih dengan kerjasama yang baik ini,” tukasnya.

Bupati menambahkan, dalam pembangunan rumah ibadah, Pemerintah Kabupaten Sintang, selalu memberikan dukungan dana, namun yang terpenting adalah kebersamaan, gotong royong dari para jemaat gereja.

“Ke depannya saya akan tetap selalu memperhatikan pembangunan tempat ibadah di daerah ini guna menjadikan masyarakat Kabupaten Sintang yang religius,” ucapnya.

Sementara Koordinator Pembangunan GMII Bukit Zaitun, Jeffray Edward mengatakan, pembangunan Gereja Bukit Zaitun, yang telah didukung Pemerintah Kabupaten Sintang sebesar Rp2 miliar. Untuk itu pihaknnya mengucapkan banyak terima kasih. Selain itu, kata Jeffray, juga terdapat dana yang bersumber dari partisipasi para jemaat.

“Dengan bentuk bangunan GMII Bukit Zaitun ini Rumah Betang dengan konsep gedung serbaguna, dengan ruang bawah dipergunakan sebagai fasilitas tempat penginapan tamu gereja dan tempat pelayanan Tuhan, serta ruang kesehatan dilengakapi dengan peralatan kursi roda, juga halaman parkir yang cukup luas,” tandasnya.

Comment

News Feed