by

Aceh dan Sumut Jadi Host Bersama PON 2024

KalbarOnline.com – PON XXI/2024 bakal dihelat di dua tempat. Ya, untuk kali pertama hajat empat tahunan itu berlangsung di dua provinsi. Yakni, Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

Kepastian tersebut tertuang dalam Rakernas KONI Pusat 2020 kemarin. Selain itu, sudah ada revisi tentang PP Nomor 17 Tahun 2007 pasal 12 ayat 2. Isinya tentang calon tuan rumah PON yang dapat dilaksanakan satu provinsi atau gabungan.

Nah, untuk PON XXI/2024, akan dipertandingkan 56 cabor. Setiap provinsi mempertandingkan 28 cabor. ”Aceh akan mempertandingkan 429 nomor. Dari hasil kesepakatan, pembukaan dilakukan di Aceh. Sedangkan penutupan dilakukan di Sumut,” ungkap Kadispora Aceh Dedi Yuswandi.

Dedi menambahkan, mulai tahun depan pembangunan fisik dilaksanakan. ”Dari 28 cabor, lima venue fisik sudah ada. Untuk bangunan baru, kami harapkan dibangun main stadium, mes atlet, dan 13 venue. Untuk renovasi berat dan ringan ada 12 venue,” imbuhnya.

Kendalanya adalah belum ada SK resmi terkait penetapan tuan rumah PON XXI. ”Kami berharap SK bisa segera ditandatangani,” ucapnya.

Di sisi lain, perwakilan KONI Sumatera Utara John Lubis menyarankan PON XXI bisa digelar pada 2025. ”Adanya pengunduran PON XX, agar PON bisa berlangsung empat tahun sekali, kami mengusulkan bisa diadakan pada 2025,” pinta John.

Comment

News Feed