TP PKK Pontianak Sosialisasikan Pakai Masker

TP PKK Pontianak Sosialisasikan Pakai Masker

Poltekkes Bersama PKK dan DWP Pontianak Bagikan Masker Gratis

KalbarOnline, Pontianak – Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Pontianak bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pontianak dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Pontianak membagikan masker secara gratis kepada warga di sejumlah lokasi, Kamis (27/8). Lokasi yang menjadi sasaran pembagian masker diantaranya Jalan Bardanadi, Pelabuhan Senghie dan lokasi lainnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan Nasional yang digagas oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan tema ‘Peran Perempuan Dalam Gerakan Masker dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia’.

Saat membagikan masker, Ketua TP PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie sempat berdialog dan menjelaskan kepada warga pentingnya menggunakan masker.

“Bapak tau kan gunanya masker, kenapa kita harus menggunakan masker. Masker ini gunanya supaya kita tidak tertular virus karena droplet atau percikan air liur dan bisa saja diantara kita sudah ada yang tertular, ” ujarnya.

Baca Juga :  Zulkifli Hasan ke Sutarmidji: Pak Gubernur Jangan Khawatir

Dikatakannya, sejak pandemi Covid-19 di Kota Pontianak, TP PKK Kota Pontianak sebagai mitra pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat melalui kader Posyandu maupun kader PKK di Kecamatan dan Kelurahan senantiasa memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mentaati protokol kesehatan.

“Mereka menjadi ujung tombak dalam mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan termasuk penggunaan masker,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, meskipun saat ini era new normal, namun kemungkinan virus corona akan hidup selama masih ada media untuk penularan. Salah satu media penularannya adalah manusia.

“Artinya jika ada pemutusan mata rantai dengan cara memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan maka dengan sendirinya penularan ini bisa dihindari,” jelasnya.

Baca Juga :  Bimsalabim, Proyek Untan Miliaran Rupiah Dipecah-pecah: Jadilah Paket PL

Yanieta meminta semua pihak tidak lengah dan selalu waspada di era new normal karena saat ini di Kota Pontianak mengalami peningkatan kasus positif Covid-19.

“Saya berharap kegiatan ini berdampak bagi masyarakat terutama lebih peduli dan taat melaksanakan protokol kesehatan,” harapnya.

Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak, Didik Hariyadi mengatakan Kementerian Kesehatan melaksanakan satu gerakan masif yang akan mulai dilaksanakan hari ini.

“Gerakan itu adalah gerakan satu juta masker di seluruh Indonesia sehingga di Indonesia di waktu yang sama pada hari ini melaksanakan kegiatan sejuta masker,” tuturnya.

Ia berharap melalui kegiatan bagi masker ini masyarakat menyadari pentingnya protokol kesehatan di tengah pandemi.

“Seperti menggunakan masker yang benar, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan atau 4M,” pungkasnya. (mau/prokopim)

Comment