Tepis Isu Koma, Kondisi Kim Jong Un Segar Bugar, Langsung Pimpin Rapat

KalbarOnline.com – Korea Utara (Korut) menjawab rasa penasaran dunia tentang kondisi terakhir Kim Jong-un. Beberapa hari terakhir, pimpinan tertinggi Korut itu dikabarkan sakit keras hingga koma. Rabu (26/8) kantor berita KCNA tiba-tiba merilis foto Jong-un yang sedang memimpin rapat.

Kantor berita milik Korut itu mengungkap bahwa pada Selasa (25/8), Jong-un memimpin rapat politbiro Partai Buruh. Mereka membahas tentang pandemi Covid-19 hingga topan Bavi yang diperkirakan menyapu negara tersebut pekan ini.

  • Baca juga: Ekonomi Korea Utara Melesat saat Dunia Dilanda Wabah Covid-19

’’Ada beberapa kekurangan atas upaya Korut untuk mencegah virus ganas,’’ ujar Jong-un pada KCNA seperti dilansir Agence France-Presse.

Hingga saat ini, belum ada kasus Covid-19 di Korut. Bulan lalu, Pyongyang menerapkan lockdown di Kaesong, kota yang dekat dengan perbatasan Korsel. Tepatnya setelah mereka mengklaim bahwa pembelot yang melarikan diri ke Korsel kembali pulang ke Korut. Pembelot itu diklaim positif Covid-19, tapi Seoul menampik klaim tersebut.

Baca Juga :  Kim Jong-un Minta Partai Buruh Jalankan Rencana Ekonomi Lima Tahun

Awal bulan ini, lockdown di Kaesong dicabut. Korut menolak bantuan Covid-19 yang ditawarkan beberapa pihak. Mereka juga tak pernah melaporkan adanya kasus penularan Covid-19 lainnya, selain klaim virus yang dibawa defector itu. Namun, mereka juga tak pernah lagi sesumbar bahwa tak ada kasus Covid-19 di negaranya.

Beberapa pakar tidak yakin jika Korut benar-benar bersih dari SARS-CoV-2. Mereka justru meyakini bahwa virus mematikan itu sudah menjerat Korut, tetapi pemerintah berusaha menutupinya. Sayang, mereka juga tak bisa membuktikannya secara langsung karena Korut sangat tertutup.

Saat ini hampir semua staf kedutaan besar asing dan lembaga non pemerintah sudah meninggalkan Korut. Sebab, ada aturan luar biasa ketat yang diterapkan Pyongyang ketika Covid-19 baru muncul. Padahal, biasanya mereka bisa memberikan informasi.

Pandemi ditambah dengan topan bisa membuat nasib penduduk Korut kian mengenaskan. Ladang penduduk sangat mungkin bakal rusak jika badai menerjang. Beberapa hari ini, hujan deras sudah melanda berbagai wilayah Korut. Hujan tersebut berpeluang mengakibatkan longsor di wilayah pegunungan dan perbukitan. ’’Pencegahan korban jiwa dan kerusakan ladang penduduk adalah hal penting,’’ terang Jong-un.

Baca Juga :  Korbankan Ekonomi, Selandia Baru Sukses Tekan Angka Penularan Covid-19

Dalam beberapa foto yang dirilis, tampak Jong-un memakai setelan putih dan merokok. Dia tampak segar bugar. Tidak ada yang tahu apakah itu foto lama yang sengaja diunggah kembali untuk meyakinkan publik bahwa Jong-un baik-baik saja ataukah memang betul dia memimpin rapat.

Yang jelas, berita tentang Jong-un itu mencuat setelah mata-mata Korsel mengungkap bahwa kondisi kesehatan Jong-un memburuk. Karena itu, sebagian tugasnya didelegasikan ke adik perempuannya, Kim Yo-jong.

Chang Song-min, mantan ajudan Presiden Korsel Kim Dae-jung, bahkan menyatakan lewat unggahan Facebook-nya bahwa Jong-un tengah koma. Namun, klaim itu juga sekali lagi tanpa bukti.

Comment