Lupakan Nasi Uduk, Ganti dengan 9 Makanan Sehat untuk Sarapan

Sarapan merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk memulai harimu. Sarapan memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Namun sayangnya, beberapa orang tidak menganggapnya penting dan selalu melewatkannya.

Sebagian orang menganggap bahwa melewatkan sarapan lebih baik daripada mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Namun, sarapan bergizi dan seimbang dapat memberikan energi dan mencegah Kamu makan berlebihan pada siang hari lho!

9 Makanan Sehat untuk Sarapan

Nah, agar Geng Sehat tidak ragu lagi untuk sarapan, berikut adalah 9 makanan sehat yang baik Kamu konsumsi untuk sarapan di pagi hari:

1. Telur

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan bisa membuat Kamu kenyang lebih lama, mengurangi asupan kalori pada waktu makan siang dan membantu menjaga stabilitas gula darah.

Selain itu, kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin, senyawa antioksidan. Antioksidan ini membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Tak hanya itu, telur juga merupakan salah satu sumber kolin yang penting untuk kesehatan otak dan hati Kamu nih, Geng Sehat! Dan fakta lainya, makan telur utuh bisa mengurangi risiko penyakit jantung karena makanan ini meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

Baca juga: Makan Telur Setiap Hari Tenyata Aman untuk Kadar Kolesterol!

2. Greek Yoghurt

Greek Yoghurt adalah makanan lezat dan bergizi. Protein di dalam yoghurt telah terbukti mengurangi rasa lapar dan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Mengonsumsi produk susu lainnya juga bisa membantu mengontrol berat badan Kamu dan mengurangi risiko kanker payudara.

Jenis yogurt Yunani tertentu adalah sumber probiotik yang baik seperti Bifidobacteria , yang membantu usus Anda tetap sehat. Coba campurkan greek yoghurt dengan buah-buahan untuk melengkapi nutrisi Kamu di pagi hari.

3. Oatmeal

Daripada sereal, oatmeal lebih baik dikosumsi saat sarapan. Makanan ini terbuat dari gandum yang mengandung serat yang disebut oat beta-glukan. Serat ini memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik, termasuk mengurangi kolesterol jahat.

Baca Juga :  Kemampuan Sosial yang Penting dan Wajib Kamu Miliki

Terlebih lagi, oat beta-glukan adalah serat kental yang meningkatkan perasaan kenyang lebih lama. Tak hanya itu, oat juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

4. Biji Chia

Sekarang ini biji chia merupakan makanan sehat yang sedang tren dikonsumsi oleh masyarakat nih. Apakah Kamu salah satunya? Ya, biji chia ini merupakan serat kental yang menyerap air, meningkatkan volume makanan, sehingga membantu Kamu lebih kenyang.

Dalam sebuah penelitan yang dilakukan selama 12 minggu, penderita diabetes yang memakan biji chia mengalami pengurangan rasa lapar, bersamaan dengan penurunan gula darah dan tekanan darah. Selain itu, biji chia juga mengandung antioksidan tinggi yang melindungi sel darah Kamu dari radikal bebas.

Baca Juga: Sarapan untuk Penderita Diabetes? Ini Menu Sehatnya!

5. Buah Beri-berian

Buah beri-berian seperti blueberry, raspberry, stroberi, dan blackberry adalah buah yang tinggi antioksidan, rendah gula, dan tinggi serat. Selain itu, buah-buahan ini juga rendah kalori sehingga Kamu tidak perlu khawatir gemuk karena banyak makan buah-buahan ini.

Buah beri-berian juga telah terbukti mengurangi peradangan, mencegah kolesterol darah, dan menjaga sel-sel yang melapisi pembuluh darah Kamu tetap sehat. Cara terbaik untuk menambahkan buah beri ke dalam sarapan Kamu adalah dengan mencampurnya dengan greek yoghurt atau oatmeal.

6. Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan di pagi hari sangat baik karena cukup mengenyangkan dan membantu mencegah penambahan berat badan. Meskipun kacang tinggi kalori, namun penelitian menunjukkan tubuh tidak akan menyerap semua lemak di dalamnya. Sebab faktanya, tubuh kamu hanya menyerap sekitar 129 kalori dari 1 ons kacang almond.

Dari segi kesehatan, kacang-kacangan telah terbukti menurunkan faktor risiko penyakit jantung, mengurangi resistensi insulin, dan mengurangi peradangan. Selain itu, kacang-kacangan juga bermanfaat bagi penderita diabetes lho!

Baca Juga :  Pemkab Ketapang Gelar Demo Gizi Pencegahan Stunting di Desa Periangan Jelai Hulu

7. Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman sehat yang bagus untuk tubuh Kamu. Ia mengandung kafein yang meningkatkan kewaspadaan, suasana hati, dan mengatur metabolisme tubuh. Daripada kopi, teh hijau lebih baik dikonsumsi sebab hanya mengandung 35-70 mg kafein per cangkir.

Teh hijau bermanfaat untuk membantu melawan diabetes lho, Geng Sehat! Dalam sebuah tinjauan terhadap 17 penelitian menemukan bahwa peminum teh hijau mengalami penurunan gula darah dan kadar insulin lebih banyak dari yang tidak mengonsumsi teh hijau. Selain itu, minuman ini juga dapat melindungi otak, sistem saraf dan jantung dari kerusakan.

Baca Juga: Smoothies: Pilihan Sarapan Praktis nan Sehat

8. Buah-buahan

Buah bisa menjadi sajian lezat untuk sarapan Kamu. Semua jenis buah mengandung vitamin, kalium, serat dan relatif rendah kalori. Satu cangkir buah potong menyediakan sekitar 80–130 kalori, tergantung jenisnya. Misalnya saja buah jeruk

Satu buah jeruk besar menyediakan lebih dari 100 persen asupan vitamin C harian kamu. Selain itu, buah ini juga mengenyangkan karena kandungan serat dan airnya yang tinggi.

9. Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang bisa dikonsumsi saat sarapan. Namun jumlah yang paling tepat untuk dikonsumsi adalah hanya 38-400 mg kafein saja per hari ya, Geng Sehat.

Kafein di dalam kopi berfungsi meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan pembakaran lemak. Selain itu, kopi kaya akan antioksidan, yang mengurangi peradangan, melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah Anda serta menurunkan risiko diabetes dan penyakit hati.

Baca juga: Sedang Hamil Konsumsi Kafein, Bolehkah?

Sumber:

Healthline. The 12 Best Foods to Eat in the Morning.

Comment