Ford Produksi Kandang Anjing dengan Teknologi Kedap Suara

KalbarOnline.com – Ford baru-baru ini dilaporkan memproduksi perangkat baru yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan bidangnya yang selama ini digeluti, otomotif. Perangkat tersebut berupa kandang atau rumah anjing yang tak biasa.

Mengapa tak biasa? Hal itu lantaran Ford membekalinya dengan teknologi yang canggih untuk ukuran sebuah kandang anjing. Betapa tidak, kandang anjing yang dibuat Ford dibekali dengan teknologi Active Noise Canceling (ANC) untuk menghilangkan kebisingan di dalam rumah atau kandang anjing tersebut.

  • Baca juga: Ford Siapkan Teknologi Active Drive Assist, Mengemudi Tanpa Tangan

Bukan tanpa tujuan, teknologi tersebut disematkan bertujuan untuk melindungi si anjing dan pemiliknya. Teknologi ANC dipasangkan untuk menghindari si anjing dari bisingnya suara ledakan atau suara bising lainnya.

Sebagaimana diketahui, anjing kerap reaktif terhadap suara-suara bising semisal ledakan atau suara gaduh lainnya di luar lingkungan mereka. Ini pada akhirnya juga mengganggu kenyamanan si pemilik atau lingkungan sekitar mereka jika kandang diletakkan di luar area rumah dan bahkan membuat si anjing menjadi stres.

Baca Juga :  Samsung Smart Learning Class: Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh

Produsen mobil asal Amerika Serikat (AS) itu seperti bisa dilihat pada gambar menciptakan kandang anjing yang tampak futuristik. Di dinding kandang tersebut, tersemat panel peredam bising dan teknologi kontrol bising aktif Ford agar menciptakan lingkungan yang terisolasi untuk hewan peliharaan.

Teknologi bekerja dengan cara yang sama, sebagian dengan teknologi peredam bising yang ditemukan di headphone atau di mobil, menurut Ford. Teknologi kontrol kebisingan aktif perusahaan bekerja dengan melawan kebisingan dengan kebisingan.

“Setelah mikrofon di dalam kandang prototipe mendeteksi suara ledakan semisal kembang api (atau suara lainnya) sistem audio internal akan memancarkan frekuensi berlawanan yang pada dasarnya menghilangkan kebisingan sepenuhnya atau setidaknya menguranginya secara signifikan,” jelas pihak Ford.

Baca Juga :  Langkahi Samsung, Huawei Diklaim Jadi Merek Ponsel Nomor 1 di Dunia

Lebih jauh, Ford menjelaskan, ketika mikrofon menangkap tingkat kebisingan yang tinggi dari mesin atau transmisi tertentu, ini ditangkal menggunakan gelombang suara yang berlawanan dari sistem audio mobil besutan mereka.
Akibatnya, ini dapat mengurangi kebisingan ke tingkat yang tidak mengganggu pendengaran anjing yang sangat sensitif. “Hasil? Tidak ada lagi stres untuk hewan peliharaan Anda,” tandas Ford.

Sayangnya, kandang anjing canggih tersebut saat ini hanya hadir sebagai sebuah konsep. Namun demikian, Ford menjelaskan, tak menutup kemungkinan kandang anjing canggihnya itu akan masuk fase produksi massal jika memang banyak yang menginginkannya.

Dalam sebuah video, perusahaan menunjukkan struktur terbuat dari bahan apa, termasuk panel penghilang bising dan kontrol bising aktif, yang terlihat mirip dengan speaker. Ada juga pintu kaca otomatis, anti-vibrator block riser, dan ventilasi kedap suara.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment