Besok Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Dibuka Kembali

KalbarOnline.com – Setelah ditutup selama tiga bulan, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) direncanakan dibuka kembali. Jika tak ada aral melintang, pengoperasian kembali destinasi andalan Jatim itu dimulai besok (28/8).

Pembukaan TNBTS tak terlepas dari keputusan pemerintah pusat. Selain itu, terbit surat bernomor PG.05/T.8/BIDTEK.1/KSA/8/2020. Surat itu merupakan tindak lanjut hasil rapat koordinasi dari empat kabupaten. Yakni, Kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan, dan Probolinggo.

Baca Juga :  Pagi Vaksinasi, Malam Pesta Tanpa Masker, DPR Sebut Raffi Contoh Buruk

Dalam surat tersebut, juga ditetapkan sejumlah persyaratan pembukaan kembali TNBTS. Mulai penerapan standard operating procedures (SOP) adaptasi kebiasaan baru hingga pembelian karcis secara online.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Sinarto menyatakan, rencana pembukaan itu merupakan kebijakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). ”Pengoperasian Bromo juga memberikan angin segar bagi pelaku usaha di sektor pariwisata. Pemprov tentunya mengikuti kebijakan yang sudah diterapkan,” katanya kemarin.

  • Baca Juga: Ika Unair Tuntut Rektor Transparan Soal Penemuan Obat Covid-19
Baca Juga :  Bos Banggar DPR Peringatkan Mafia Obat yang Bermain di Covid-19

Pemprov mengimbau masyarakat, baik pelaku usaha maupun pengunjung, untuk mengikuti ketetapan baru. Termasuk pembatasan jumlah pengunjung. ”Kami akan ikut memantau secara berkala pelaksanaan di lapangan,’’ imbuh dia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment