Klub Diperbolehkan Tanpa Pemain Asing pada Kompetisi Tertinggi 2021

Jawa Pos-Pandemi Covid-19 membuat PP PBVSI melakukan adaptasi untuk kompetisi profesionalnya Proliga 2021. Khusus tahun depan, klub-klub diperbolehkan tampil tanpa pemain asing.

Dirut Proliga Hanny S. Surkatty mengatakan, regulasi baru itu merupakan upaya untuk mengantisipasi izin para pemain asing yang tidak bisa didatangkan ke Indonesia. Pandemi membuat syarat seseorang berpindah, apalagi datang ke satu negara, kian terbatas.

’’Boleh tidak pakai (pemain asing) atau boleh hanya satu orang. Satu pemain itu jumlah yang maksimun dan keputusannya diserahkan ke klub karena ini sesuai dengan kebutuhan mereka,’’ kata Hanny.

Selain tentang pemain asing, Proliga menyesuaikan dengan kompetisi tahun depan. Misalnya, kompetisi yang diadakan dalam satu tempat, yaitu Padepokan Voli Jendral Kunarto di Sentul, Bogor. Sebelumnya diadakan di kota-kota sesuai markas tim peserta.

  • Baca Juga: Satu Musim Liga Tertinggi Voli Nasional Terselenggara Dalam Sebulan
Baca Juga :  Edi Kamtono Sebut Tingkat Keterisian RS Akibat Covid-19 di Pontianak Meningkat: Imbau Warga Perketat Prokes

’’Kebijakan itu memang berlaku dalam Proliga 2021 saja. Ini karena kami menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada saat ini,’’ tutur Hanny. ’’Selain hanya satu tempat, Proliga 2021 tanpa penonton,’’ tambah Hanny.

Di sisi lain, ada perubahan dari komposisi peserta. Hanny menegaskan, tim Jakarta Garuda yang pada kompetisi 2019 berpartisipasi tidak akan ikut Proliga 2021. Alasannya, kontrak mereka habis per dua tahun ini.

Hanny lantas mengisyaratkan bahwa jumlah peserta tetap sama, yaitu enam tim putra dan lima tim putri. ’’Jumlah sama, tapi ada tim baru di sektor putra. Nanti bulan depan ada pertemuan lagi untuk pembahasan tim, lalu tanda tangan kontrak,’’ ucap Hanny.

’’Kira-kira Oktober sudah ada keputusan akhirnya,’’ tambahnya.

Baca Juga :  Kalbar Tambah Dua Kasus Konfirmasi Covid-19 Baru

Sementara itu, Asisten Pelatih Petrokimia Taufik Hidayat membenarkan bahwa timnya memang akan terjun pada Proliga 2021. Sebenarnya, program mereka hanya sampai PON 2020. Karena ditunda, mereka mengambil kesempatan untuk mengikuti Proliga lagi.

Untuk skuad, Taufik belum bicara banyak. ’’Kurang lebih sama kayak skuad kemarin. Nanti ada beberapa pemain dari Bank Jatim seperti Yolana Beta (Pangestika) dan Megawati Hangesti,’’ ujar Taufik.

Meski regulasi menyatakan klub boleh tidak memakai pemain asing, tim voli dari Kota Pudak berencana menambah pemain asing. Pada Proliga 2020, Petrokimia sudah mendatangkan eks bintang timnas Amerika Serikat Ayana Jean Whitaker.

Karena kontraknya sudah selesai, Whitaker pun pulang. ’’Soal pemain asing nanti menyesuaikan. Kami akan cari lagi kalau sudah pasti ikut (Proliga) nanti ya,’’ kata Taufik.

Comment