Gantikan Pemain No 4 Indonesia, Tunggal No 261 Dunia Masuk Skuad Uber

KalbarOnline.com – Pebulu tangkis Putri Kusuma Wardani dipastikan mendapat slot untuk masuk tim Piala Uber Indonesia tahun ini.

Kejuaraan beregu putri yang dihelat dua tahunan itu berlangsung di Aarhus, Denmark, pada 3–11 Oktober mendatang.

Sekretaris Jenderal PBSI Achmad Budiharto menjelaskan, Putri dipilih berdasar performanya di PBSI Home Tournament pada 22–24 Juli lalu di pelatnas PP PBSI Cipayung.

Putri menjadi runner-up di tunggal putri setelah ditaklukkan Gregoria Mariska Tunjung di babak final dengan skor 17-21, 10-21.

Baca Juga :  Kevin/Marcus Lolos ke Perempatfinal Sebagai Runner Up Usai Kalah dari Unggulan Taiwan

Capaian Putri itu dinilai luar biasa. Sebab, sebelum kejuaraan berlangsung, Putri berstatus nonfavorit dan masuk di seeded kelima. Catat juga kejutan Putri di babak grup ketika mengalahkan Jorji –sapaan Gregoria Mariska Tunjung– lewat rubber game dengan skor 25-23, 20-22, 21-12. Putri masih berusia 18 tahun. Ranking dunianya juga baru ada di posisi 261 dunia. Tetapi, Putri dianggap punya potensi sangat besar.

  • Baca Juga: Akan Sulit Menerka Juara Simulasi Piala Thomas dan Uber Tim Indonesia

Masuknya Putri tersebut menggeser posisi Choirunnisa di peringkat keempat tunggal putri pelatnas sekaligus menjadi pelengkap kuartet tunggal putri bersama Jorji, Ruselli Hartawan, dan Fitriani. ’’Prestasi Putri di Home Tournament lebih baik,’’ kata Budiharto kemarin (24/8).

Baca Juga :  Walau Timnya Kalah, Pemain Indonesia 18 Tahun Tetap Bersemangat Menang

Rencananya, PP PBSI mengadakan simulasi Piala Uber di pelatnas PBSI Cipayung pada 8–10 September mendatang. Dalam simulasi tersebut, Putri berada di grup Harimau. Tiga nama lain dipisah di grup berbeda. Jorji di grup Garuda, Fitriani di grup Rajawali, dan Ruselli di grup Banteng.

Comment