Uji Kenyamanan All New Ertiga Libas Tol Trans Jawa

KalbarOnline.com – All New Ertiga menjadi salah satu kontributor penting dalam penjualan Suzuki di Indonesia. Di bulan Juni 2020, All New Ertiga menyumbang porsi penjualan sebesar 12,1 persen terhadap total penjualan Suzuki. Generasi terbaru Ertiga yang meluncur pada tahun 2019 itu sukses melanjutkan tren positif Ertiga di pasar SUV sejak generasi pertama rilis pada 2012 silam. Berikut impresi lengkap mengenai performa dan fitur All New Ertiga varian tertinggi, yakni All New Ertiga Sport AT, saat dijajal langsung melibas trip jarak jauh Jakarta – Surabaya melalui rute tol Trans Jawa dengan jarak sekitar 760 km.

Secara dimensi varian Sport pada Ertiga kurang lebih sama dengan basis varian lain yakni GX, GL, dan GA. Khusus untuk dimensi panjang, varian SS memiliki panjang 4.470 mm sementara varian-varian lain memiliki panjang 4.395 mm. Sedangkan untuk dimensi lebar dan tingginya sama-sama berukuran 1.735 x 1.690 mm. Semua varian All New Ertiga memang diciptakan untuk memudahkan mobilitas keluarga Indonesia dalam beraktivitas. Kelapangan kabin tersebut pun terbukti saat kami mencoba mengisi penuh ruang bagasi dengan barang bawaan. Kursi baris ketiga yang dapat dilipat rata semakin memudahkan untuk membawa barang bawaan ekstra jika hanya berisi 2-5 penumpang di dalam mobil.

Dengan posisi bagasi terisi maksimal ditambah dengan dua penumpang termasuk pengemudi, handling All New Ertiga Sport AT terasa masih sangat balance. Mengawali perjalanan dari rute sempit dan macet di Jakarta, kelincahan manuver Ertiga cukup terasa. Respons setir yang presisi berpadu dengan transmisi otomatis berkonfigurasi straight automatic transmision, sangat membantu kondisi stop and go di jalanan padat.

Baca Juga :  KTM 390 Adventure Resmi Melenggang di Indonesia Dibanderol Rp119 Juta

Begitu masuk ke ruas tol, diawali dari Tol Layang Jakarta-Cikampek, potensi mesin All New Ertiga Sport AT berkode K15B bertenaga 1.500 cc tersebut mulai terkulik. Torsi melimpah terasa saat jarum RPM menunjukkan angka 3000-4500. Transmisi otomatisnya terasa cukup halus mengirim tenaga dari gigi ke gigi. Di atas kertas, mesin 4-silinder berkonfigurasi DOHC besutan Suzuki ini diklaim dapat mengeluarkan tenaga hingga 104,7 PS di 6000 RPM dan torsi maksimal 138 Nm di 4400 RPM.

Pedal gas diinjak dalam hingga speedometer menyentuh angka 100 kilometer per jam. Sampai pada kecepatan itu, suspensi All New Ertiga Sport AT yang mengusung jenis MacPherson strut dengan coil spring di bagian depan dan torsion beam di bagian belakang masih sangat nyaman meredam kontur jalan layang Cikampek yang cenderung bumpy. Sistem peredaman pun cukup optimal. Noise roda dan angin di luar mobil tidak liar menembus ke dalam kabin.

Bersambung ke rute Tol Cikopo-Palimanan yang memiliki karakteristik jalanan yang berbeda, mobil dihadapkan pada kontur jalanan lurus disertai dengan tikungan-tikungan cepat. Melibas tikungan panjang dengan kecepatan 80 km/jam All New Ertiga AT yang mengusung chasis Heartect, minim gejala limbung alias body roll. Desain chasis yang diklaim lebih ringan itu juga terasa lebih rigid mengakomodasi bantingan suspensi.

Baca Juga :  Meluncur Bersamaan Tiga Mobil Honda dengan Gubahan Tampilan dan Fitur

Sepanjang perjalanan ke Surabaya, pengemudi dimanjakan berbagai fitur yang sangat easy to access di dashboard. Mulai dari pengaturan AC digital yang visual dan tombolnya mudah dilihat sekalipun dalam kondisi gelap juga keyless entry plus start/stop button. Tak lupa fitur entertainment yang membuat perjalanan tak membosankan. Head unit yang tersemat pada All New Ertiga Sport AT sudah dilengkapi dengan fitur bluetooth plus mirroring ke smartphone. Sehingga pengemudi dapat memutar musik, video, sampai navigasi untuk di tampilkan ke layar head unit.

Secara lengkap, performa dan fitur All New Ertiga Sport AT sangat mumpuni menjawab kebutuhan sebuah mobil MPV atau mobil keluarga. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 260 jutaan untuk tipe tertinggi yakni Ertiga Sport AT dan harga termurah Rp 250 jutaan untuk tipe terendah GX AT, harga OTR Jakarta. Jajaran varian All New Ertiga sangat layak diperhitungkan dalam kompetisi pasar MPV bersanding dengan Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, dan sebagainya. (*)

Comment