Bupati Rupinus Resmikan Kantor Desa Nanga Engkulun

Bupati Rupinus Resmikan Kantor Desa Nanga Engkulun

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus didampingi Camat Nanga Taman, Paulus Ugang secara simbolis meresmikan penggunaan Kantor Desa Nanga Engkulun, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau. Peresmian Kantor Desa Nanga Engkulun yang dilakukan oleh orang nomor satu di Bumi Lawang Kuari ini ditandai dengan pembukaan tirai plang kantor desa, pengguntingan pita dan penandatangan prasasti, Senin (24/8/2020).

Sebelum mersmikan kantor desa, kedatangan Bupati Sekadau dan rombongan disambut antusias oleh masyarakat Desa Nanga Engkulun dengan prosesi upacara adat, pemancongan buluh muda, minum tuak sumpok dan tari-tarian adat.

Bupati Rupinus dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada masyarakat Desa Nanga Engkulun, Kecamatan Nanga Taman karena sudah memiliki kantor desa yang representatif.

“Jadi selamat kepada masyarakat Desa Nanga Engkulun yang pada hari ini sudah resmi memiliki kantor desa yang representiatif. Kantor desa ini dibangun tahun 2018 yang bersumber bantuan dari keuangan Pemerintah Kabupaten Sekadau sebesar Rp200 juta. Saya berikan apresiasi atas semangat Kepala Desa Nanga Engkulun yang luar biasa,” tutur Bupati Sekadau.

Menurut Bupati Rupinus, kenapa penting membangun kantor desa. Karena tidak mungkin kepala desa berkantor di rumah, kemudian bagaima bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat kalau tidak ada kantor desa.

“Kenapa kita penting membangun kantor desa, tidak mungkin kepada desa berkantor di rumah, bagaimana bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat kalau tidak ada kantor desa. Kemarin itu ribut di media sosial, banyak yang protes bahwa kantor desa tidak prioritas, tapi bapak-bapak kepala desa luar biasa, kami tidak mau kalau pembangunan kantor desa itu ditunda, karena bapak kepala desa yang merasakan sendiri. Kalau ada yang mengatakan bahwa itu tidak prioritas,” tegasnya.

Baca Juga :  Bupati Rupinus dan Ketua PKK Hadiri Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional XXVI

“Ini kita membangun desa, salah satunya yang kita perhatikan adalah kantor desanya. Bagaimana bisa memberikan pelayanan yang maksimal dan baik kepada masyarakat kalau tidak ada kantor desa. Ini puji tuhan di Nanga Taman tahun ini ada dua kantor desa yang akan dibangun yaitu Nanga Mongko dan Tapang Tinggang. Jadi dari 13 desa di Kecamatan Nanga Taman, tinggal satu kantor desa yang belum, tahun 2021 seelsai. Jadi selamat kepada masyarakat Desa Nanga Engkulun, tolong dijaga, dipelihara benar-benar apalagi ini udah ada listrik ada internet jadi luar biasa,” timpalnya.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, dulu  untuk membangun kantor desa diperlukan anggaran sekitar Rp300 sampai Rp400 juta, dan mulai tahun 2017 pembangunan kantor desa dibuat dengan sistem penjunjukan langsung.

“Kita bangun kantor desa dengan sistem PL dengan pagu dana Rp200 juta cukup. Sebelumnya pembangunan kantor desa dengan sistem tender, tapi dalam prosesnya terjadi lelang dan tembak menembak. Saat sistem lelang kita membangunkan kantor desa anggarannya diatas Rp300 sampai Rp400 juta, akhirnya yang Rp300 juta sampai Rp400 juta itu jatuh-jatuh Rp200 juta lebih juga, yang namanya lelang bapak ibu tau sendiri tembak menembak,” jelasnya.

Lanjut Bupati, kalau dulu satu kecamatan satu kantor desa dianggarkan tiap tahun, jadi kalau 7 kecamatan 7 kantor desa setiap tahun, tapi dibuat dengan dibuat Rp200 juta, satu tahun bisa dibangun 14 kantor atau masing-masing dua kantor desa setiap kecamatan.

Sementara Kepala Desa Nanga Engkulun, Marsianus dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya kantor desa ini akan menambah semangat para perangkat desa untuk melayani masyarakat dan meningkatkan kinerja perangkat desa.

“Walaupun ada teman-teman yang mengatakan kantor desa itu belum prioritas, tapi bagi saya kantor desa itu sangat penting, apalagi di jaman sekarang ini semua data online, tidak mungkin kepala desa atau perangkat desa mengerjakan atau melayani masyarakatnya di rumah. Semua data diminta oleh pemerintah kecamatan menggunakan online. Berkat ada internet desa, dulu Desa Nanga Engkulun sering terlambat mengirimkan data, tapi sekarang berkat ada internet dan kantor desa yang baru sudah mulai naik 50 persen,” jelasnya.

Baca Juga :  Hadiri Apel Akbar NU Kalbar, Kapolda Sebut Ulama Sebagai Penjaga Kesatuan dan Persatuan Bangsa

“Semoga dengan kantor desa yang baru saja diresmikan oleh Bupati memberikan semangat kepada para aparatuir desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Mudah-mudahan dengan kantor desa yang baru ini kami pun bersemangat dengan slogan bersemangat, maju, mandiri mereka,” tandasnya.

Dalam laporannya juga Marsianus merincikan biaya yang digunakan dalam pembangunan kantor desa. Dikatakannya pembangunan kantor desa ini menelan biaya sebesar Rp290 juta. Bantuan dari Kabupaten Sekadau berjumlah Rp200 juta dan anggaran dana desa tahun 2019 berjumlah Rp90 juta.

Camat Nanga Taman, Paulus Ugang menjelaskan, untuk kecamatan Nanga Taman sudah 10 kantor desa yang selesai dibangun di tahun 2020 ini.

“Saya bangga terhadap Pemerintah Kabupaten Sekadau, untuk kecamatan Nanga Taman sampai detik ini ada 10 kantor desa yang sudah selesai dibangun, sisa tiga lagi yang belum selesai, dan tahun 2020 ni dua kantor desa akan dibangun jadi sisa satu kantor desa lagi,” jelas Paulus Ugang.

Berbagai program Pemerintah Kabupaten Sekadau, tegas Ugang, muaranya semua berpihak kepada masyarakat.

“Kami sangat berbangga dengan program Pemerintah Kabupaten Sekadau. Masyarakat Engkulun mari kita bahu membahu, gotong royong apa yang bisa kita lakukan untuk kemajuan Desa Nanga Engkulun,” tandasnya. (Mus)

Comment