by

Amsterdam Sediakan Pot Bagi yang Suka Buang Air Sembarangan

KalbarOnline.com – Amsterdam punya cara untuk mengatasi salah satu problem klasik kota besar: orang yang buang air kecil sembarangan. Pihak berwenang di ibu kota Belanda itu membuat tempat pipis yang diberi nama GreenPees. Bahannya terbuat dari besi khusus dan bentuknya menyesuaikan lokasi. Sekilas, ini mirip pot besar. Sebab, di bagian atas terdapat tumbuhan.

Tapi, ada bagian untuk tempat buang air. Di dalamnya, ada rami untuk memproses air seni tersebut. Tidak dijelaskan fungsi rami tersebut. Mungkin agar tidak bau.

Baca juga: 24 Koin Emas Kuno Ditemukan di Sebuah Pot di Israel

Dilansir CNN, alat yang dirancang Richard de Vries itu diproduksi Urban Senses. Pada 2018, pemerintah Amsterdam sudah memasang empat unit GreenPees. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa jumlah orang yang buang air sembarangan berkurang 50 persen. Karena itulah, tahun ini delapan unit GreenPees ditambahkan lagi di berbagai titik.

Baca juga: Pasang Pot, Cegah Warga Jemur Ikan di Median Jalan

Ada petugas khusus yang mengecek tempat urine sudah penuh atau belum. Urine yang terkumpul tidak dibuang, tapi diproses lagi menjadi pupuk organik. Tapi, ya itu, alat tersebut didesain untuk kaum Adam. Belum ada GreenPees edisi perempuan.

Saat ini De Vries juga berusaha mengembangkan GreenPees bisa memproduksi listrik saat buang air. Semoga yang buang air tidak tersengat listrik yang dihasilkan.

Comment

News Feed