Setelah 11 Jam, Kebakaran di Gedung Kejagung Mulai Padam

KalbarOnline.com – Api yang melalap Gedung Kejaksaan Agung Republik Indonesia pada Sabtu (22/8) malam sudah mulai padam pada Minggu (23/8) pagi. Saat ini petugas pemadam kebakaran tengah melakukan proses pendinginan.

“Kami sudah koordinasi dengan pemadam kebakaran bahwa sekarang sudah proses pendinginan. Jadi sekarang sedang proses pendinginan,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budi Sartono di depan Gedung Kejagung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (23/8).

Kebakaran besar di geudng Kejagung berhasil dipadamkan pihak pemadam selama kurang lebih 11 jam lamanya. Gedung Kejagung yang besar dan terdapat sejumlah bahan plastik yang membuat sulitnya menjinakkan sijago merah.

“Karena gedungnya besar dan juga ada bahan plastik yang mungkin tadi di depan itu lebih cepat mudah terbakar,” ujar Budi.

  • Baca juga: Polda Metro Jaya Akan Selidiki Penyebab Kebakaran Gedung Kejagung
Baca Juga :  Menag Minta Jajarannya Sosialisasikan Prokes 5M Setiap Hari

Budi menyebut, jika proses pendinginan yang dilakukan jajaran pemadam kebakaran selesai, aparat kepolisian akan memasang police line pada Gedung Kejagung yang terbakar. “Jadi dari jajaran Polres Metro Jakarta Selatan, dibantu dengan Polda Metro Jaya kita akan melaksanakan police line untuk TKP di Kejagung ini,” cetus Budi.

Kendati demikian, Budi belum mengetahui penyebab terbakarnya Gedung Korps Adhyaksa tersebut. Hal ini perlu dilakukan proses pemeriksaan lebih lanjut.

“Nanti kita tunggu setelah olah TKP,” tandas Budi.

Sisi Utara Padam, Bagian Selatan Gedung Kejagung Ikut Terbakar

Sebelumnya, Api yang semula melalap bagian utara gedung sudah padam. Namun mendadak percikan api muncul di bagian selatan gedung yang sebelumnya tidak terbakar.

Berdasarkan pantauan KalbarOnline.com di lokasi Minggu (23/8) tengah malam, api mulai membesar sekitar pukul 00.35 WIB. Api kemudian dengan cepat menjalar hingga ke atap gedung. Pepohonan yang berdempetan dengan gedung pun ikut terbakar. Sempat terdengar suara ledakan cukup keras. Tapi belum diketahui asal usul ledakan tersebut.

Baca Juga :  Gedung Kejagung Dibongkar

Sebelumnya, kebakaran melanda Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) RI di Jalan Sultan Hasanudin Dalam Nomor 1, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Api terlihat muncul dari arah samping gedung.

“Terima berita kebakaran pukul 19.10 WIB,” kata Kasi Ops Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan, Sugeng dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/8).

Dalam video yang beredar, api berasal dari samping kiri gedung. Kobarannya terlihat cukup besar. Sejumlah pengendara yang melintas terlihat banyak berhenti menyaksikan kebakaran tersebut.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment