by

Sembilan Musim Tumbang di Ronde Pertama, Sekarang Saatnya Bangkit

KalbarOnline.comPoint guard Boston Celtics Kemba Walker sudah sembilan musim bermain di NBA. Tapi, sampai saat ini, pemain 30 tahun itu belum pernah melewati playoff ronde pertama. Kesempatan melakukan itu muncul musim ini.

Hal itu bisa terjadi karena kemarin Celtics memastikan unggul 3-0 atas Philadelphia 7ers di ronde pertama playoff. Artinya, jika kembali menang pada game keempat dini hari nanti, Celtics akan melaju ke ronde kedua alias semifinal wilayah timur.

Pada game ketiga kemarin, Celtics menang 102-94.

Peluang Walker merasakan playoff semifinal wilayah timur kali pertama sepanjang karir terbuka lebar. Itu jika melihat catatan sejarah playoff. Sampai saat ini, belum ada satu tim pun di NBA yang sanggup melaju ke ronde selanjutnya saat sudah tertingggal 0-3.

Di delapan musim pertama, Walker menghabiskan karir bersama Charlotte Hornets. Di tim itu, dia hanya merasakan dua kali tampil di playoff. Yakni, pada musim 2013–2014 dan 2015–2016. Dalam dua kesempatan tersebut, Hornets selalu takluk pada ronde pertama.

  • Baca Juga: LeBron James Tampil Fantastis, Lakers Bangkit dan Memimpin

Musim panas kemarin, Walker mengambil keputusan besar dalam karir. Dia mengambil jalan free agent untuk merapat ke Celtics. ’’Inilah alasan aku datang ke sini (Celtics). Ini momen besar bagi diriku pribadi,’’ ucap Walker dilansir ESPN setelah laga.

Pemain yang empat kali tergabung dalam skuad NBA All-Star itu mencetak 24 poin kemarin. Dia melengkapi konsistensinya pada game pertama dan kedua, saat membukukan 19 dan 22 angka.

’’Dia petarung sejati. Sepanjang musim ini, dia selalu bilang betapa inginnya menjadi juara,’’ ucap Brad Stevens, head coach Celtics.

Jaylen Brown, Jason Tatum, dan Marcus Smart juga berperan penting untuk kemenangan Celtics. Ketiganya membuat double digit. Masing-masing mencetak 21, 15, dan 14 angka.

Namun, Sixers juga bertekad mencuri kemenangan pada game selanjutnya. Mereka tidak mau hanya dianggap numpang lewat pada playoff ini. Center mereka, Joel Embiid, sudah melakukan segalanya kemarin dengan membukukan 30 poin dan 13 rebound.

’’Aku tidak mau disapu bersih,’’ ucap Embiid. ’’Aku tidak mau itu ada dalam catatan karirku. Aku akan melakukan segalanya. Kalau perlu menendang pantatku sendiri untuk menghindarinya,’’ imbuh pemain 26 tahun tersebut.

Comment

News Feed