Sejarah Besar, Kali Pertama Pembalap Portugal Jadi Juara Seri MotoGP!

KalbarOnline.com-GP Styria 2020 menghasilkan tontonan superdramatis dan menjadi ajang pembuktian para pembalap kuda hitam MotoGP.

Pembalap KTM Tech3 Miguel Oliveira menjadi juara saat dia memimpin pada tikungan terakhir di lap terakhir!

Oliveira memanfaatkan ruang saat rider Pramac Ducati Jack Miller dan Pol Espargaro (KTM) melakukan duel sengit pada lap terakhir.

Inilah kemenangan pembalap KTM Tech3 di ajang MotoGP. Bagi Oliveira, ini adalah sejarah besar. Dialah pembalap Portugal pertama yang menjadi kampiun seri MotoGP.

“Saya sangat emosional saat ini,” ucap Oliveira dalam wawancara setelah balapan. “Banyak yang melintas dalam benak saya saat ini. Namun, saya harus mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang percaya kepada saya. Keluarga di rumah, tim, sponsor, Portugal. Ini sejarah. Bagi saya, bagi negara saya. Luar biasa!” tambahnya.

Peta berubah saat balapan menyisakan 12 lap. Saat itu, red flag dikibarkan. Sepekan lalu, red flag juga berkibar pada GP Austria di Red Bull Ring.

Baca Juga :  Kabar Buruk Bagi Warriors, Bintangnya Absen di Laga Pembuka

Red flag berkibar karena bintang Monster Energy Yamaha Maverick Vinales jatuh. Motornya menabrak pembatas dan langsung terbakar. Saat itu, pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir memimpin nyaman di depan.

Maverick Vinales jatuh dan memaksa red flag berkibar. (MotoGP).

Saat balapan kembali dimulai, Joan Mir melesat ke depan. Namun hanya satu lap kemudian, bintang Pramac Ducati Jack Miller menyalip dan memimpin balapan. Mir semakin terpuruk karena dia malah turun ke peringkat keempat. Mir disalip Pol Espargaro (KTM) dan Miguel Oliveira.

Ketika balapan menyisakan enam lap lagi, Espargaro menikung Miller untuk mengambil alih pimpinan lomba. Keduanya lantas bertarung dengan sangat sengit. Miller hampir saja juara. Tetapi saat dia sedang bertarung keras melawan Espargaro, Oliveira muncul dari belakang untuk menjadi kampiun.

  • Baca Juga: Keganasan Motor KTM Akan Kembali Diuji di Sirkuit Red Bull Ring

“Kalah pada lap terakhir, jelas saya kecewa. Tapi apapun, semua sudah terjadi. Saatnya move on. Selamat untuk Miguel dan Portugal,” kata Miller.

Sepanjang pekan ini, banyak sejarah terjadi. Espargaro meraih pole position pertamanya di kelas premier setelah mencatatkan waktu tercepat 1 menit 23,580 detik.

Baca Juga :  Alex Marquez Sadar Diri Belum Akan Bisa Berikan Gelar Juara Dunia

Keganasan RC16 milik KTM menyita perhatian para pesaingnya sejak GP Republik Ceko sebelumnya. RC16 pun kembali membuktikan keganasannya. Ini dibuktikan lewat sukses Espargaro memberikan pole position perdana buat tim.

GP Styria juga balapan bersejarah. Momen tersebut menjadi penanda race ke-900 MotoGP.

Harold Daniell menjadi pemenang edisi pertama kelas GP 500 cc pada ajang Isle of Man TT 71 tahun yang lalu. Sedangkan bintang Ducati Andrea Dovizioso menjadi kampiun balapan ke-899 yang berlangsung di Red Bull Ring pekan lalu.

Kemenangan Oliveira memutus rekor Ducati yang selalu mendominasi race sejak Red Bull Ring kembali ke kalender MotoGP pada 2016.

“Semua orang bisa menang dalam balapan. Saya bahagia. Tikungan terakhir benar-benar dimanfaatkan oleh Miguel,” kata Espargaro dalam wawancara setelah balapan. “Tetapi kami di sini, sudah bekerja keras. Apapun, saya bahagia,” tambahnya.

Comment