by

Menyalip Dua Rider di Tikungan Terakhir, Oliveira Juara Superdramatis

KalbarOnline.com-Perayaan race ke-900 MotoGP benar-benar menjadi balapan yang pantas dikenang. Balapan berjalan dengan superdramatis dan tidak bisa ditebak sampai akhir.

Pembalap Tech3 KTM Miguel Oliveira menjadi akhirnya juara dengan cara yang dahsyat. Oliveira menyalip Jack Miller (Pramac Ducati) dan Pol Espargaro (KTM) pada tikungan terakhir di lap terakhir!

Padahal, saat itu, Miller dan Espargaro berduel untuk menjadi yang terbaik.

Ini bukan saja kemenangan pertama dari seorang pembalap tim satelit KTM. Lebih besar dari itu, ini merupakan kemenangan pertama bagi seorang pembalap asal Portugal. Ganjaran atas penampilannya yang fenomenal, Oliveira mendapatkan hadiah satu unit mobil BMW M4.

“Saya sangat emosional saat ini,” ucap Oliveira dalam wawancara setelah balapan.

“Banyak yang melintas dalam benak saya. Saya sulit sekali untuk berkata-kata. Namun, saya harus mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang percaya kepada saya. Keluarga saya di rumah, tim, sponsor, fans Portugal yang luar biasa. Ini sejarah. Bagi saya, bagi negara saya. Luar biasa!” tambahnya.

Pada awal balapan, pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir sejatinya sangat nyaman berada di depan. Namun kejadian saat race menyisakan 12 lap lagi membuat segalanya berubah.

Maverick Vinales jatuh pada GP Styria 2020 dan menyebabkan berkibarnya red flag. (Autosport).

Saat itu, bintang Monster Energy Yamaha Maverick Vinales jatuh. Motornya menabrak pembatas dan langsung terbakar. Balapan dihentikan sementara. Red flag berkibar.

Ketika balapan kembali dilanjutkan, Mir yang memakai kombinasi ban medium-medium sudah tidak sanggup untuk mempertahankan kecepatannya.

  • Baca Juga: Sejarah Besar, Kali Pertama Pembalap Portugal Jadi Juara Seri MotoGP!

Pada akhirnya, setelah bekerja dengan sangat keras, Mir finis di peringkat keempat.

“Kalah pada lap terakhir, jelas saya kecewa. Tapi apapun, semua sudah terjadi. Saatnya move on. Selamat untuk Miguel dan Portugal,” kata Miller yang finis di peringkat kedua.

Dengan hasil ini, Miller berada di posisi ketiga klasemen sementara MotoGP 2020. Dia mengoleksi 56 poin. Pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo masih memimpin di puncak klasemen sementara dengan catatan 70 poin. Pada balapan ini, Quartararo finis di ranking ke-13.

Pembapap Suzuki Ecstar Joan Mir sempat memimpin jauh pada GP Styria 2020. (Joe Klamar / AFP)

Bintang Ducati Andrea Dovizioso yang hari ini finis kelima, membayangi Quartararo dengan koleksi 67 poin.

Kemenangan Oliveira dan kekalahan Miller serta Dovizioso sukses memutus rekor dahsyat Ducati. Pabrikan asal Italia itu selalu mendominasi balapan GP Austria sejak Red Bull Ring kembali ke kalender MotoGP pada 2016.

Setelah dari Austria, balapan MotoGP 2020 akan terbang ke Sirkuit Misano. Ada dua balapan yang tergelar di sana. Yakni pada 13 September dan 20 September.

Comment

News Feed