Kulit Bermasalah? Gunakan Saja Baking Soda!

Baking soda atau soda kue merupakan salah satu bahan yang biasa Kamu gunakan untuk membuat kue. Tapi, pernahkah Geng Sehat menggunakan baking soda untuk mengatasi kulit bermasalah? Terdengar tidak masuk akal, tapi faktanya, baking soda memiliki manfaat luar biasa untuk kulit.

Soda kue atau natrium bikarbonat adalah zat yang bersifat alkali atau basa. Maka dari itu, baking soda bisa membantu mengatur tingkat pH kulit dan membuat kulit bercahaya. Selain itu, baking soda dapat membantu menetralkan zat asam di dalam dan di luar tubuh.

Karena dapat menurunkan jumlah asam di lambung, soda kue biasanya digunakan untuk mengatasi lambung yang sakit atau menyembuhkan gangguan pencernaan. Apalagi, soda kue juga mengandung sifat anti-inflamasi dan antiseptik, membuatnya menjadi bahan yang ideal untuk mengatasi iritasi kulit, gigitan serangga, membantu pengelupasan sel mati, dan ruam ringan.

Baca juga: Apakah Penderita Diabetes Boleh Mengonsumsi Baking Soda?

Cara Menggunakan Soda Kue untuk Kulit Bermasalah

Geng Sehat, inilah yang bisa Kamu lakukan dengan menggunakan soda kue untuk mengatasi kulit bermasalah!

1. Menghilangkan Bekas Jerawat. Bagaimanapun, jerawat dapat meninggalkan bekas yang sulit hilang di kulit. Untuk menghilangkan bekas tersebut, campur soda kue dengan air dan aplikasikan ke kulit yang terdapat bekas jerawat.

Diamkan selama tiga hingga empat menit dan kemudian bilas wajah Kamu. Ramuan ini akan mengelupas kulit yang terluka dan menggantinya dengan baru. Kamu bisa mengoleskan baking soda ke bekas jerawat sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

2. Meredakan Ruam Kulit. Karena memiliki sifat basa, soda kue dapat meredakan gatal dan bengkak yang disertai ruam kulit. Campur soda kue dengan sedikit minyak kelapa dan oleskan ke kulit yang bermasalah selama 4 hingga 5 menit sebelum membilasnya. Untuk hasil yang lebih baik, Kamu bisa mengaplikasikan ramuan ini dua kali sehari.

BACA JUGA:  Sulit Mengenali Wajah Orang, Bisa Jadi Idap Prosopagnosia
Baca juga: Ini Lho Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder!

3. Obat untuk Kulit Terbakar. Apabila kulit Kamu terbakar karena sinar matahari, gunakan soda kue karena memiliki efek mendinginkan. Buat campuran soda kue dengan air dingin. Kemudian, oleskan pada area yang terbakar, diamkan sekitar 5 menit sebelum dibersihkan.

4. Menghilangkan Bercak Kecoklatan Kulit. Campur satu sendok teh soda kue dengan air dan cuka. Aduk hingga rata dan biarkan di kulit selama 5 hingga 10 menit. Lakukan seminggu sekali atau seminggu dua kali hingga mendapatkan hasil yang ideal. Hentikan jika terjadi reaksi seperti iritasi atau perih.

5. Pemutih Kulit. Mencuci wajah dengan soda kue dapat membantu memutihkan kulit Kamu. Campur soda kue dengan air kemudian oleskan pada wajah dan gosok dengan lembut di wajah. Saat menggosok wajah, lakukan dengan gerakan memutar selama dua menit. Setelah itu, bersihkan dengan air dan oleskan pelembap.

Baca juga: Cara Mencerahkan Kulit Dengan Minyak Zaitun

Tidak 100 Persen Aman Digunakan

Walaupun soda kue dapat digunakan mengatasi masalah kulit, tidak disarankan untuk penggunaan setiap hari. “Meskipun soda kue dapat digunakan digunakan untuk pengelupasan sel kulit mati, saya tidak akan merekomendasikan perawatan wajah dengan soda kue. Itu karena, Kamu perlu berhati-hati saat menambahkan soda kue sebagai bahan untuk perawatan kecantikan,” kata dr. Michele Farber dari Schweiger Dermatology Group di New York City, Amerika Serikat.

Marisa Garshick, dokter kulit di Dermatology and Cosmetic Surgery Centers di Manhattan, mengatakan bahwa, meskipun soda kue tidak pernah ia rekomendasikan sebagai obat jerawat, banyak orang yang menggunakannya.

“Soda kue telah terbukti bermanfaat bagi beberapa orang yang memiliki masalah dengan jerawat karena khasiatnya dapat mengurangi peradangan, menyerap minyak berlebih, dan juga memiliki efek pengelupasan,” ucap Marisa.

BACA JUGA:  6 Manfaat Belerang untuk Kesehatan Kulit, Satu Bahan Sejuta Manfaat

Walaupun soda kue bisa digunakan untuk mengatasi kulit bermasalah seperti jerawat, bukan berarti 100 persen aman digunakan. “Itu karena, soda kue dapat mengupas kulit dengan mengubah pH kulit menjadi basa daripasa sedikit asam. Berakibat pada terganggunya pelindung kulit, di mana kulit Kamu jadi lebih rentan terhadap infeksi dan iritasi,” ucap Marisa.

Ia menambahkan, “Kamu juga berpotensi mengalami luka bakar. Jadi, apabila Kamu memiliki kulit yang sangat sensitif, ada baiknya untuk tidak menggunakan soda kue untuk perawatan kulit karena dapat mengeringkan dan menghilangkan minyak alami dari kulit.”

Baca juga: Amankah Mencoba Tester Kosmetik Sebelum Membeli?

Referensi:

NDTV Food. 8 Ways to Use Baking Soda For The Most Common Skin Problems

Healthline. Baking Soda for Acne Treatment

Greatist. Can Baking Soda Help Your Skin?

Comment