Kalbar Kembali Tambah 33 Kasus Baru, 23 Antaranya Karyawan City Mall Ketapang

Kalbar Kembali Tambah 33 Kasus Baru, 23 Antaranya Karyawan City Mall Ketapang

KalbarOnline, Pontianak – Kasus konfirmasi Covid-19 di Kalbar terus bertambah. Di mana per tanggal 23 Agustus terdapat tambahan 33 kasus konfirmasi baru Covid-19. Dari jumlah sebanyak itu, 23 di antaranya merupakan karyawan City Mall Ketapang. Hal ini disampaikan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji saat mengumumkan perkembangan kasus Covid-19 di Kalbar lewat akun facebook resmi miliknya, Minggu (23/8/2020).

“Hari ini kembali ada 33 positif Covid. 23 di antaranya hasil razia pengunjung City Mall di Ketapang,” ujar Midji.

Ditegaskan Midji, adanya klaster dari City Mall Ketapang merupakan lampu merah bagi Gugus Tugas Covid-19 Ketapang. Dirinya khawatir masyarakat yang berkunjung ke mall sudah banyak yang terjangkit. Untuk itu dirinya menyarankan agar City Mall Ketapang disterilkan.

“Ini lampu merah bagi Gugus Tugas Covid Ketapang, saya khawatir masyarakat juga sudah banyak yang terjangkit. Saran saya sterilkan mall, kalau perlu tutup dulu satu minggu,” tukasnya.

Baca Juga :  Kunjungan Kerja di Bumi Uncak Kapuas Selama Dua Hari, Ini yang Dilakukan Kapolda Kalbar

Selain itu, Midji turut mengumumkan kabar gembira. Di mana pada hari yang sama, Kalbar mendapat tambahan 19 kasus sembuh. Guna menekan lonjakkan kasus Covid-19, Midji menegaskan bahwa pihaknya akan menggencarkan razia terhadap masyarakat yang tak patuh terhadap protokol kesehatan terutama masker.

“Yang sembuh ada 19 orang. Saya akan gencarkan razia yang tidak pakai masker. Mulai Senin, daerah wajib kirim swab 200 per minggu,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson menegaskan, City Mall Ketapang harus tutup pasca 23 karyawannya dinyatakan konfirmasi positif Covid-19. Selain itu, Harisson juga menjelaskan, data terakhir yang disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Ketapang 23 kasus positif tersebut merupakan karyawan City Mall Ketapang.

“Gawat. Karyawan mall akan menularkan kepada pengunjung yang datang ke mall tersebut,” ujarnya, Minggu (23/8/2020).

Baca Juga :  Sutarmidji Ajak Lindungi dan Berikan Hak Anak

“Sekali lagi, mau karyawan atau pengunjung yang positif itu adalah masyarakat Ketapang. Sama saja, malah lebih gawat menurut saya kalau memang ternyata benar semua yang positif itu adalah karyawan City Mall Ketapang,” timpalnya.

Dirinya turut menjelaskan tambahan 33 kasus konfirmasi baru Covid-19 ini tersebar di beberapa kabupaten/kota di Kalbar. 23 di antaranya di Ketapang (Karyawan City Mall Ketapang), enam di Kapuas Hulu, tiga di Landak dan satu kasus merupakan kasus luar wilayah.

Sementara tambahan 19 kasus sembuh masing-masing sembilan kasus di Melawi, empat kasus di Kubu Raya, empat kasus di Kapuas Hulu dan dua kasus di Pontianak.

Berdasarkan tambahan tersebut sampai dengan 23 Agustus 2020, di Kalbar terdapat 566 kasus konfirmasi, di mana 448 kasus dinyatakan sembuh atau sebesar 79,15 persen dan empat kasus meninggal dunia. (Fai)

Comment