Jangan Asal Latah Pasang Spoiler Mobil Kenali Dulu Fungsinya

KalbarOnline.com – Penggunaan spoiler pada mobil memang terlihat keren. Tampilan mobil semakin sporty, namun tak banyak pemilik mobil mengetahui fungsi sebenarnya dari pada spoiler. Mereka hanya sekedar latah memasang spoiler pada mobilnya, karena tak mau kalah tampilannya dengan mobil lain.

Sebenarnya spoiler adalah salah satu komponen mobil yang memiliki beberapa fungsi. Banyak orang yang beranggapan bahwa spoiler mobil hanya sebagai aksesoris yang digunakan untuk mempercantik tampilan. Pemikiran itu kurang lengkap sebelum mengetahui banyak fungsinya.

Fungsi komponen yang satu ini bukan hanya sebagai penambah estetika saja. Fungsi pertama adalah menambah tekanan bawah atau yang biasanya disebut dengan downforce. Saat sebuah mobil dikendarai dengan kecepatan tinggi, maka pada mobil akan timbul gaya angkat yang kurang maksimal.

Gaya angkat yang ditimbulkan saat melaju dalam kecepatan tinggi akan membuat mobil terasa melayang dan kurang stabil. Dalam hal ini spoiler mampu menjadi kontrol atau pengendali mobil tersebut.

Fungsi kedua membantu pengendalian mobil, dalam pemasangan spoiler mobil akan menimbulkan efek aerodinamis yang dapat membuat pengendalian semakin meningkat. Sehingga pertahanan roda akan lebih kuat. Pengendalian ini juga bertujuan agar mobil tetap terkontrol dan stabil saat melaju dengan cepat.

Baca Juga :  Suzuki XL7 Buatan Indonesia Jadi Primadona di Pasar Ekspor

Sedangkan fungsi selanjutnya adalah menangkit kotoran. Spoiler pada mobil hatchback berfungsi untuk menangkis kotoran berupa debu maupun air hujan pada bagian kaca belakang. Menempelnya debu atau kotoran pada bagian kaca mobil pastinya akan mengganggu performa atau tampilan mobil.

Bila mobil Anda tidak memiliki spoiler yang berfungsi sebagai penangkis kotoran pada kaca, maka menjaga kebersihan pada mobil harus dilakukan secara teratur. Hal ini untuk menjaga penampilan mobil tetap bersih dan mengkilap meskipun sering digunakan di jalan raya

Pemasangan Spoiler Mobil

Pemasangan spoiler mobil juga berbeda-beda tergantung tipe atau jenis mobilnya. Pada mobil yang memiliki bagasi, maka spoiler akan dipasang pada bagian belakang kendaraan tersebut seperti mobil jenis sedan.

Dalam hal ini, ada juga mobil yang tidak memiliki bagasi seperti jenis hatchback. Pada jenis mobil ini spoiler akan dipasang pada bagian atap paling belakang. Adakalanya spoiler juga dipasang pada bagian atas kaca mobil di belakang.

Baca Juga :  Lebih Fungsional, Mercedes-AMG Siap Hadirkan Aksesori Roof Box

Pemasangan spoiler tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus dilakukan dengan benar. Dalam pemasangannya pun harus seimbang antara bagian depan dengan bagian samping. Mobil yang hanya memiliki spoiler pada bagian belakang saja akan mengakibatkannya berjalan dengan arah tidak menentu.

Hal ini disebabkan karena pada saat melaju kencang beban mobil akan terpaku pada satu titik saja. Selain itu, saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi juga akan berubah haluan sendiri. Dengan begitu pemasangan spoiler ini harus dilakukan dengan tepat agar tidak menyebabkan hal-hal membahayakan.

Pemasangan spoiler yang tepat ini juga bertujuan agar komponen tersebut tidak lepas saat pengendara mobil melaju dengan cepat. Hal ini untuk menghindari pengendara lain mengalami kecelakaan.

Selanjutnya, perlu diketahui bahwa pada bagian samping mobil, spoiler dipasang di bagian bawah panel pintu. Peletakan spoiler mobil ini bisa pada sisi kanan maupun sisi kiri. Kemudian, pada bagian depan spoiler dipasang pada bagian bumper mobil. Sebaiknya gunakan spoiler mobil yang tepat dan pastikan tidak sembarangan dalam pemasangannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Comment