Saat Debutan Sensasional Mavericks Lewati Rekor Kareem Abdul-Jabbar

KalbarOnline.com – Dallas Mavericks mengamankan game kedua playoff putaran pertama 2020. Ini seiring kemenangan Luka Doncic dkk atas LA Clippers kemarin (20/8).

Mereka berhasil bangkit setelah kalah 110-118 pada ronde pertama sebelumnya. Lalu, membalasnya dengan kemenangan 127-114 kemarin. Hasil tersebut sekaligus membuat kedudukan imbang 1-1 dalam playoff dengan format best of seven.

Sayang, aksi gemilang Doncic harus terganggu. Dia hanya bermain sembilan menit pada kuarter ketiga setelah mengantongi empat pelanggaran. Lalu, dia melakukan pelanggaran kali kelima saat kuarter empat baru berusia 23 detik.

Padahal, di laga ini Doncic menggoreskan sejarah pada kiprahnya di pentas NBA. Bintang timnas Slovenia itu menyumbang 28 poin, 8 rebound dan 7 assist. Hasil impresif tersebut menempatkan dia sebagai pemain yang mengemas 70 poin pada game playoff pertamanya.

Baca Juga :  Sang Bintang Cedera, Ambisi Mavericks ke Semifinal Wilayah Suram

Dia melewati capaian 69 poin Kareem Abdul-Jabbar saat tampil bersama Milwaukee Bucks pada 1970.

  • Baca Juga: Catatan Hebat Pemain Debutan dengan Poin Terbanyak dalam Sejarah

Keluarnya Doncic, sempat membuat head coach Mavericks Rick Carlisle panik. Beruntung, para pemain pengganti mengambil peran krusial ketika Doncic berada di bangku cadangan. Seth Curry dan Trey Burke masing-masing menyumbang 15 dan 16 poin bagi Mavericks.

Bahkan center cadangan Boban Marjanovic tampil hebat dengan 13 poin, 9 rebound dan sekali assist. “Beginilah cara kami memenangkan pertandingan,” kata Carlisle dilansir ESPN.

Menurutnya, kedalaman skuadnya menjadi kunci penting saat comeback melawan Clippers.

Kubu Clippers pun mengakuinya. “Pemain cadangan mereka mengungguli pemain utama dan cadangan kami,” papar head coach Clippers Doc Rivers. Pada game kedua kemarin, Clippers tampil tanpa guard utama mereka Patrick Beverly karena cedera betis. Perannya digantikan Reggie Jackson yang mengemas 11 poin, 4 rebound, dan satu assist.

Bintang Clippers juga tampil impresif, Kawhi Leonard dan Paul George mencetak double-double. Leonard membikin 35 poin, 10 rebound dan 2 assist.

Sedangkan Paul 14 poin, 10 rebound dan 2 assist. Selanjutnya, laga kedua tim bakal berlangsung besok pagi (22/8).

Baca Juga :  Sejarah Pemain Debutan dengan Poin Terbanyak dalam Sejarah

Di sisi lain, Doncic merasa berat hanya sebagai penonton. Namun, pemain 21 tahun itu tetap mendukung rekan-rekannya berjibaku di lapangan. “Mungkin jika aku tidak melakukan pelanggaran, kami tidak akan memenangkan pertandingan,” katanya.

Comment