Perjanjian Concorde Adalah Harapan untuk F1 yang Kompetitif

KalbarOnline.com – Ajang balap F1 diyakini masih bisa kompetitif untuk lima tahun mendatang. Sebab, 10 tim yang berada di grid saat ini telah menyetujui Perjanjian Concorde.

Perjanjian tersebut menggaransi stabilitas F1 dalam jangka panjang. Dalam hal ini, masa waktu perjanjian baru berlangsung untuk musim 2021 hingga 2025.

’’Kami senang Agustus ini kami mencapai kesepakatan dari 10 tim peserta terkait rencana jangka panjang olahraga kami ini,’’ papar Chairman sekaligus CEO F1 Chase Carey di laman resmi F1.

Baca Juga :  Dunia Memang Sudah Merindukan Kevin Durant

Pada perjanjian baru tersebut juga dijelaskan regulasi budget cap yang akan diterapkan mulai musim 2022. ’’Itu untuk menciptakan lingkungan finansial yang lebih adil. Juga, demi memangkas kesenjangan (performa) para tim di lintasan,’’ kata Carey.

Sejak 2014 Mercedes selalu mendominasi setiap musimnya lewat lima gelar dari Lewis Hamilton dan satu gelar via Nico Rosberg. Bahkan, musim ini, setelah enam balapan berlangsung, hanya satu race yang lepas dari genggaman Mercedes.

Sementara itu, McLaren, Ferrari, dan Williams menjadi tiga tim pertama yang sepakat menandatangani Perjanjian Concorde. Kemarin F1 mengonfirmasi bahwa tujuh tim lainnya turut menyetujui kesepakatan baru tersebut.

Baca Juga :  Ranking 6 Dunia, Masih Terlalu Tangguh Bagi Sang Juara Dunia Junior

CEO McLaren Zak Brown mengatakan, kesepakatan itu berlangsung pada momen yang tepat. Harapan serupa dilontarkan CEO Ferrari Louis Camilleri. Menurut dia, kesepakatan itu menjadi langkah krusial untuk memastikan stabilitas dan pertumbuhan F1 pada masa mendatang.

’’Kami yakin kolaborasi dengan FIA dan Liberty Media (pemegang hak komersial F1) bisa membuat F1 semakin menarik dan spektakuler,’’ tuturnya.

Comment