Jadi Andalan di Era New Normal, Platform Belajar Daring Makin Diminati

KalbarOnline.com – Pandemi Covid-19 memang memaksa siswa dan perangkat sekolah melakukan pembelajaran dari jauh secara online. Selain sekolah, platform belajar daring kini semakin dilirik. Banyak orang tua dan siswa pada akhirnya menjatuhkan pilihan pada solusi ini di luar kewajiban sekolah formal.

Dengan tren tersebut, platform E-Learning dikatakan mengalami pertumbuhan pengguna yang signifikan dan semakin diterima masyarakat. Seperti diungkapkan Kelas Pintas. Sebab, tidak sekadar menyediakan solusi pembelajaran efektif dengan literasi lengkap sesuai kurikulum, tapi juga menyediakan fitur untuk memaksimalkan peran masing-masing stake holder di ekosistem pendidikan.

Seperti fitur student analytic berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence. Dengan menggunakan data dalam jumlah besar (Big Data), fitur tersebut diklaim sebagai bagian dari upaya memberikan pendidikan terbaik kepada para peserta didik.

Baca Juga :  Gara-gara Syarat Rapid Antigen, Refund Tiket Tembus Rp 317 Miliar

“Disini, kami tidak sedang bicara sistem pendidikan 10-15 tahun mendatang. Kami bicara tentang hari ini, dimana sekolah, guru, orang tua, dan para murid, sudah dan sedang menggunakan platform pendidikan masa depan dari Kelas Pintar untuk kegiatan belajar mengajar di masa sekarang ini,” ujar Fernando Uffie, Founder Kelas Pintar belum lama ini di jumpa pers virtual Kelas Pintar.

Pertumbuhan signifikan platform belajar daring juga diamini oleh Euis Siti Halimah, kepala sekolah Sekolah SMP Negeri 1 Bekasi. Menurutnya, kesulitan yang dihadapi dunia pendidikan dimasa pandemi Covid-19, bisa menjadi momen bagi dunia pendidikan untuk bertransformasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

“Oleh karena itu, penting bagi para penyedia solusi pendidikan berbasis teknologi untuk melihat ekosistem pendidikan tanah air secara lebih menyeluruh,” ungkapnya.

Baca Juga :  Imlek di Tengah Pandemi, Jika Tak Mudik Perantau Dapat Tambahan Angpao

Hal senada juga disampaikan oleh Andi Murgeim, Kepala Sekolah SMK Gema Karya Bahana. Menurutnya, sebuah platform pembelajaran online harusnya bisa mengakomodasi kebutuhan sekolah ataupun institusi pendidikan formal dalam menjalankan fungsinya. Baik dimasa Covid-19 ataupun ke depannya.

“Menggunakan platform Kelas Pintar, para guru di sekolah kami bisa menjalankan perannya dan melakukan kegiatan belajar mengajar seperti biasa. Sementara bagi para siswa, selain menggunakan platform Kelas Pintar di jam sekolah, mereka juga bisa menggunakan platform yang sama untuk belajar di luar jam sekolah,” sebutnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment