ZTE Bakal Rilis Samrtphone Under-Screen Camera Pertama di Dunia

Sepertinya ZTE akan membuka era kamera depan (selfie) berada di bawah layar display (under-screen camera). Pabrikan smartphone asal Cina itu, mengumumkan akan merilis seri Axon 20 5G pada 1 September mendatang di Cina. Dan ini yang menarik, Axon 20 5G ini memakai under-screen camera untuk kamera depannya.

Kalau benar, ZTE Axon 20 5G ini akan menjadi smartphone dengan under-screen camera pertama di dunia yang masuk pasar. Mendahului OPPO dan Xiaomi, yang sebenarnya sudah lebih dulu memamerkan prototype smartphone dengan kamera di balik layar ini pada tahun lalu. Nyatanya, ZTE menyalip di tikungan, dengan mengumumkan peluncuran Axon 20 5G ini di awal bulan depan.

Konsep penempatan kamera depan (selfie) di bawah layar ini memang jadi opsi paling ideal bagi pabrikan smartphone, untuk menyikapi tuntutan tren layar yang bersih dari “gangguan” lubang kamera. Di era layar display yang (nyaris) memenuhi seluruh panel depan, keberadaan lubang kamera memang terkesan menjadi ganjalan.

Meski tampil minimalis, namun konsep notch dew drop, tetap belum memuaskan. Begitu pula dengan penggunaan konsep punch hole, yang berbentuk setitik noktah di pojokan layar. Tetap terasa mengganggu. OPPO melakukan terobosan brilian, dengan menghadirkan konsep motorized pop-up camera, menyingkirkan kamera dari layar, dan memindahkannya ke platform yang tersimpan di dalam body. Platform kamera akan muncul dari dalam body hanya ketika akan digunakan. Konsep ini, sudah berhasil membuat layar tampil penuh seutuhnya.

Baca Juga :  ​Ini Alasan Galaxy A21 Dan Galaxy A31 Cocok Digunakan Untuk Push Rank Mobile Legends

Namun begitu, meski berhasil membuat layar bersih dari “gangguan” lubang kamera, namun pop-up kamera dianggap belum cukup ideal. Masalahnya, di situ ada sistem mekanik yang bekerja, yang rentan rusak dan macet, dan juga menambah konsumsi daya baterai.

Opsi paling ideal memang “menyembunyikan” kamera di bawah layar. Namun konsep ini menemui kendala, lapisan layar display akan mengurangi kejernihan lensa. Dalam berbagai percobaan, hasil foto dengan under-screen camera ini memperlihatkan foto yang seperti berkabut tipis –efek lapisan layar display. Inilah yang jadi pe-er utama bagi pabrikan.

Baca Juga :  Bekerjasama Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Tri Gelontorkan Bantuan Kuota 86GB

Dan sepertinya, ZTE sudah berhasil mengatasi kendala itu. Terbukti dengan berani merilis Axon 20 5G dengan under-screen camera secara komersial. Saat ini, tak banyak informasi mengenai spesifikasi detilnya. Namun dari dokumen yang tercatat di TENAA, ada spesifikasi dasar yang terungkap.

ZTE Bakal Rilis Samrtphone Under-Screen Camera Pertama di Dunia 2

Dimensi misalnya. Axon 20 5G memiliki ukuran 172.1 x 77.9 x 7.9 mm, dengan berat 198 gram. Dilengkapi layar tipe OLED seluas 6.92 inchi dengan resolusi 2460 x 1080 pixels. Tak disebutkan chipset (SoC) yang digunakan. Namun CPU-nya disebut memiliki kecepatan puncak 2.4 GHz.

Axon 20 5G tercatat disiapkan dalam tiga varian memori. RAM 6/8/12 GB dan ROM 64/128/256 GB. Belum diketahui kombinasi RAM dan ROM yang akan dipergunakan. Sementara sektor kamera, dilengkapi quad camera (belakang/utama) dengan konfigurasi (64 Mpix + 8 Mpix + 2 Mpix + 2 Mpix). Sementara kamera depan yang tersembunyi di balik layar, berkekuatan 32 Mpix.

The post ZTE Bakal Rilis Samrtphone Under-Screen Camera Pertama di Dunia appeared first on KalbarOnline.com.

Comment