Kemenag Minta Perayaan Tahun Baru Islam Terapkan Protokol Kesehatan

KalbarOnline.com – Tahun Baru Hijriyah 1442 H akan berlangsung pada Kamis, 20 Agustus 2020. Momentum yang seringkali dirayakan umat Islam ini, seperti parade tahun baru Hijriyah.

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin pun mengingatkan bahwa saat ini dunia, termasuk Indonesia, masih dilanda pandemi Covid-19. Maka dari itu, pihaknya berharap agar segala bentuk kegiatan menyambut tahun baru digelar secara sederhana dan mengantisipasi terjadinya penularan virus.

Baca Juga :  Kepala Daerah Punya Peran Penting Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19

Seperti perayaan hari besar Islam yang sebelumnya, perayaan tahun baru Hijriyah pun harus dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. Ia pun meminta masyarakat menghindari kerumunan.

“Jika ada seremonial perayaan, agar digelar sederhana dan mematuhi protokol Covid-19. Tetap jaga jarak dan hindari potensi kerumunan massa,” pesan Kamaruddin dalam keterangan tertulis, Rabu (19/8).

Baca Juga :  Seluruh Ormas Bisa Ikut Program Kompetensi Penceramah Agama

Kamaruddin berharap tahun baru Islam 1442 H menjadi sarana evaluasi diri atas capaian individu dan juga capaian kolektif sebagai warga bangsa dan komunitas umat Islam. Termasuk juga evaluasi terkait kualitas keberagamaan.

“Hijrah berarti bertransformasi ke arah yang lebih baik. Semoga setiap tahun kita naik kelas,” terangnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment