Dilantik Jokowi, Ini 9 Anggota Kompolnas Periode 2020-2024

KalbarOnline.com – Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sekaligus Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menunjuk Benny Mamoto sebagai Ketua Harian Kompolnas. Kemudian Poengky Indarti sebagai juru bicara.

Penunjukan ini dilakukan dalam rapat perdana, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (19/08). Rapat ini turut dihadiri 8 anggota Kompolnas lainnya.

“Kami tadi langsung rapat, menyangkut personil, kita meminta Bapak Benny Josua Mamoto untuk menjadi dalam jabatan resmi di Keppres namanya sekretaris Kompolnas, tapi kita akan mengubahnya menjadi ketua harian,” kata Mahfud.

  • Baca juga: Kompolnas: Brigjen Prasetijo Utomo Ingin Memperkaya Diri Sendiri

Penunjukan ketua harian ini tak lepas dari pertimbangan tugas Kompolnas. Sebab, sebagai menteri, Mahfud memiliki tugas negara lainnya yang tetap harus dijalankan.

Baca Juga :  Mahfud MD: Nonton Film G30S Tidak Wajib

Mahfud mengatakan, Kompolnas akan bekerja dengan professional, modern dan terpercaya. Kompolnas juga akan bekerja dengan melakukan pendekatan yang persuasif, dan akan memberikan masukan yang membangun untuk Kepolisian.

“Sehingga nanti apa yang kami sampaikan ke Polri betul – betul bisa memberi masukan, kalau pun bentuknya pengawasan akan diolah secara internal. Untuk langsung disampaikan ke Kepolisian, “ imbuhnya.

Selain melakukan pengawasan, Kompolnas dan Kepolisan juga sebagai mitra. Sehingga masukan, pertimbangan, maupun usulan yang diberikan Kompolnas untuk kepolisian, akan dicari solusi secara bersama. Adapun yang sifafnya kebijakan yang lebih mendasar. Kompolnas akan menyampaikan kepada Presiden.

“Sehingga kalau nanti kompolnas ini akan menyampaikan masukan, pertimbangan, usul kepada polri yang sifatnya untuk memperbaiki kita akan bertemu dalam pertemuan resmi antar institusi negara,” pungkas Mahfud.

Baca Juga :  Tambah 5.533 Kasus Covid-19 Sehari, DKI Jakarta dan Jateng Tertinggi

Berikut 9 orang anggota Kompolnas periode 2020 – 2024:
1. Menko Polhukam Mahfud MD sebagai ketua merangkap anggota
2. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai wakil ketua merangkap anggota
3. Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly sebagai anggota
4. Benny J. Mamoto mewakili pakar kepolisian sebagai anggota
5. Pudji Hartanto Iskandar mewakili pakar kepolisian sebagai anggota
6. Albertus Wahyurudhanto mewakili pakar kepolisian sebagai anggota
7. Yusuf mewakili tokoh masyarakat sebagai anggota
8. Muhammad Dawam mewakili tokoh masyarakat sebagai anggota
9. Poengky Indarti mewakili tokoh masyarakat sebagai anggota.

Comment