Dimulai dari Jakarta dan Medan, XL Axiata Siap Berikan Layanan VoLTE

KalbarOnline.com – Dalam menyambut era 5G yang sudah mulai diimplementasikan di banyak negara, operator-operator seluler di tanah air kini mulai bersiap diri. Salah satu langkah awal yang dilakukan demi menyongsong era 5G di Indonesia, para operator seluler (opsel) mulai menggelar layanan Voice over LTE (VoLTE).

Di tanah air, opsel pelat merah Telkomsel telah lebih dulu menggelar layanan digital baru untuk pengalaman panggilan suara yang lebih jernih belum lama ini. Kini yang terbaru, opsel terbesar kedua yakni XL Axiata bersiap juga menggelar layanan VoLTE dalam waktu dekat dimulai dari Jakarta dan Medan.

  • Baca juga: Banjir Bandang di Luwu Utara, XL Axiata Pastikan Jaringan Aman

Group Head, VP Commercial GTM ‎PT XL Axiata Tbk, Rahmadi Mulyohartono mengungkapkan perkembangan persiapan layanan VoLTE ini telah dimulai sejak tahun lalu dan terus dikembangkan secara bertahap. “Sebagai tahap awal, layanan ini bisa dinikmati di wilayah Jakarta dan Medan,” ujarnya dalam virtual media update, Selasa (18/8).

Baca Juga :  Suzuki Marine Ciptakan Alat Pengumpul Plastik Mikro Pertama di Dunia

Dia melanjutkan, setelah dua daerah tadi, selanjutnya layanan VoLTE XL Axiata dikatakan bakal terus diperluas ke area lainnya, seiring dengan penyiapan jaringan infrastruktur pendukungnya. Untuk kesiapan jaringan mendukung layanan VoLTE ini, XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson dan Huawei sebagai mitra teknologi untuk jaringan radio dan core.

Sebagai informasi, VoLTE atau Voice Over LTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan VoLTE layanan voice menjadi lebih baik di mana kualitas suara dijanjikan akan menjadi sangat jernih dibandingkan dengan teknologi yang ada saat ini.

Baca Juga :  Kisah Sandiaga Uno Gagal Beli Saham Telkomsel, Indosat, dan XL

“Jika kita melakukan panggilan suara, biasanya jaringan 4G plus berubah menjadi H Plus sehingga kurang jernih. Salah satu kelebihan layanan VoLTE suara menjadi lebih jernih dan streaming lancar dan sambungan suara juga kebih cepat,” imbuh Rahmadi.

Dia menjabarkan, hingga saat ini lebih dari 90 persen perangkat milik pelanggan XL Axiata sudah mendukung jaringan LTE, sehingga sudah bisa menikmati layanan VoLTE ini. “Saat ini pelanggan sudah menggunakan handset dengan kemampuan LTE di atas 90 persen,” tandas Rahmadi.

Comment